Walikota Magelang (kanan) menyerahkan langsung bantuan kepada siswa SD saat upacara bendera.

Daerah Featured

Seragam dan Sepatu untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan


MAGELANG – Para siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama mendapatkan perhatian Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah. Sejumlah bantuan berupa perlengkapan sekolah diserahkan langsung kepada para siswa. Pemberian bantuan diserahkan langsung Walikota Magelang saat upacara bendera.

Jumlah siswa dari SD Negeri penerima bantuan ini sebanyak 1.782 anak. Mereka berasal dari 61 sekolah. Adapun siswa SD swasta penerima bantuan sebanyak 666 anak dari 12 sekolah. Bantuan ini berupa seragam dan sepatu sekolah.

“Total ada sebanyak 2.448 siswa dari 73 sekolah SD yang menerima bantuan senilai total Rp 854.845.000,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang Taufiq Nurbakin.

Ia mengatakan, bantuan berupa seragam dan sepatu sekolah ini baru dilaksanakan tahun ajaran 2017-2018. Sasaran penerima bantuan ini adalah siswa SD/MI, SMP/MTs di Kota Magelang, Jawa Tengah. Mulai sekolah swasta maupun sekolah negeri tanpa membedakan asalnya.

Untuk jumlah siswa SMP Negeri penerima bantuan sebanyak 2.798 anak dari 13 sekolah. Serta 807 anak dari 8 SMP swasta. Jumlah total 3.605 siswa dari 21 SMP swasta yang menerima bantuan senilai Rp 1.473.600.000. Jumlah total siswa SD dan SMP penerima bantuan ada sebanyak 6.053 anak dari 94 sekolah.

“Total anggaran keseluruhan yang dikeluarkan untuk bantuan seragam dan sepatu sebesar Rp 2.328.445.000,” jelasnya.

Taufiq juga mengatakan bahwa, bantuan Bosda berupa seragam dan sepatu untuk siswa ini betujuan meringankan beban masyarakat terjadap pembiayaan pendidikan. Ini dalam rangka mempercepat pencapaian standar pelayanan minimal (SPM) pada satuan pendidikan yang belum memenuhi SPM. Selain itu juga pencapaian standar nasional pendidikan pada satuan pendidikan yang sudah memenuhi standar pelayanan minimal.

“Selain itu, juga untuk mewujudkan layanan pendidikan dasar yang terjangkau dan bermutu di daerah,” katanya.

Walikota Magelang Sigit Widyonindito berharap agar bantuan tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para siswa. Bantuan ini juga diharapkan dapat meringankan beban orangtua siswa. Pemberian bantuan kepada siswa yang bersumber dari Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) itu merupakan langkah dari Pemkot Magelang untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Apa Tanggapan Anda ?