Pramuka SMK Negeri Jumo Temanggung, Jawa Tengah memiliki cara tersendiri untuk memperingati Hari Pramuka. | foto : Siedoo

Daerah

Air Suka Rela saat Hari Pramuka

Iklan SMA Mutual

TEMANGGUNG - Pramuka Sekolah Menengah Kejuaraan (SMK) Negeri Jumo, Temanggung, Jawa Tengah memiliki cara tersendiri untuk memperingati Hari Pramuka. Para siswa memberikan air bersih secara gratis untuk masyarakat di daerah bencana kekeringan.

"Kegiatan ini bertujuan agar para siswa terlatih untuk berbagi kepada sesama," kata Pembina Pramuka SMK Negeri Jumo Rusdiana, S.Pd.

Hari Pramuka jatuh pada 14 Agustus 2019. SMK Negeri Jumo Temanggung memperingati hari pramuka dengan cara yang berbeda, yaitu memberikan air bersih kepada masyarakat. Kegiatan bakti sosial seperti ini rutin dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pramuka.

Pada tahun lalu, para siswa membagikan sembako kepada masyarakat yang kurang mampu. Untuk tahun ini siswa memberikan air bersih di daerah yang mengalami kekeringan.

Dropping air ditujukan di Desa Karto Margomulyo, Kecamatan Kandangan dan Desa Kertosari Jumo. Kedua tempat tersebut menurut data dari BPBD Kabupaten Temanggung merupakan daerah yang mengalami kekeringan.

Selain belajar di sekolah sebagai rutinitas, siswa juga perlu dilibatkan dalam kegiatan sosial agar mereka juga belajar memahami keadaan sosial masyarakat. Salah satu siswa yang terlibat juga merasakan kepuasan tersendiri setelah mereka berbagi kepada yang membutuhkan.

"Ternyata ada kepuasan tersendiri bagi kami. Semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat," jelas salah satu siswa kelas XI SMK Negeri Jumo Chalim. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?