SMK Muhammadiyah Kota Magelang berqurban bareng masyarakat Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. | foto : Humas SMK Muhammadiyah Kota Magelang

Advertorial Daerah

SMK Muhammadiyah Kota Magelang Syiar Dakwah melalui Berqurban


MAGELANG - Tidak ketinggalan, Sekolah Menengah Kejuaraan (SMK) Muhammadiyah Kota Magelang, Jawa Tengah juga ikut andil memperingati Hari Idul Adha 1440 H. Sekolah menggelar qurban di masyarakat Lereng Sumbing secara langsung, tepatnya di Dusun Temanggal 1, Desa Bumirejo, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Pada kesempatan ini, SMK Muhammadiyah Kota Magelang menyerahkan satu ekor sapi kepada masyarakat untuk disembelih dan kemudian dagingnya dibagikan kepada yang membutuhkan.

“Ini sebagai syiar dakwah kami yang merupakan kewajiban SMK Muhammadiyah Kota Magelang dalam menggembirakan sesama. Sebagaimana tema kegiatan ini menebar kebaikan merekatkan ukhuwah," kata Kepala SMK Muhammadiyah Kota Magelang Atiningsih S.Pd.

Keteladanan Idul Adha memang begitu mulia. Umat Islam kembali ditarbiyah dengan kisah Ibrahim ‘alaihi salam dan Ismail ‘alaihi salam, tentang ketundukan kepada perintah Allah subhanahu wa ta’ala. Kepatuhan dan ketaatan kepada orang tua, juga kepasrahan yang luar biasa dari keduanya, sebagai wujud bakti pada Allah ta’ala.

Semangat ini pula yang diteladani SMK Muhammadiyah Kota Magelang pada Idul Adha 1440H tahun ini.

"Harapan kami tentu masyarakat akan mengenal SMK Muhammadiyah Kota Magelang, yang tidak kalah penting adalah keikutsertaan kami untuk berbagi kepada masyarakat sekitar,” tegas Atiningsih.

Ada 130 bagian daging yang dibagikan kepada warga setempat dan selebihnya (25 bungkus) akan dibagikan di lingkungan SMK Muhammadiyah Kota Magelang. Total ada 155 bungkus daging yang dibagikan.

Ketua Panitia Karim, S.PdI berharap bahwa, kegiatan ini akan terus dilakukan karena sangat menginspirasi dan merekatkan hubungan dengan masyarakat. Rencana tahun depan akan memilih lokasi yang berbeda-beda, setelah tahun kemarin di Kecamatan Pakis dan kini di Kecamatan Kaliangkrik.

"Sehingga keberkahan SMK Muhammadiyah Kota Magelang dapat benar-benar dirasakan di tengah masyarakat,” ujar Atin.

Disambut Antusias

Sementara itu, antusias masyarakat terlihat dari banyaknya warga yang ikut andil, mulai dari proses penyembelihan hingga pembagian. Edi, Kadus Temanggal 1 menyambut baik kedatangan dan maksud SMK Muhammadiyah Kota Magelang.

“Kami sangat mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar SMK Muhammadiyah Kota Magelang yang telah bersedia datang ke kampung kami dan berqurban disini. Doa terbaik untuk keluarga besar SMK Muhammadiyah Kota Magelang semoga berkah bagi semua,” kata Edi. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?