Mahasiswa baru Sekolah Vokasi IPB University. (foto: ipb.ac.id)

Inovasi

Demi Kualitas, IPB Akan Ganti Kurikulum Sekolah Vokasi


BOGOR - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr. Arif Satria menyampaikan ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru di Kampus Sekolah Vokasi lewat sebuah pantun. Di hadapan 2.338 mahasiswa baru itu Dr. Arif Satria mengatakan, IPB University sebagai tempat menimba ilmu bagi para pemimpin sejati. IPB University merupakan kampus untuk orang-orang terbaik bagi para calon pemimpin bangsa.

Dalam acara Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) Sekolah Vokasi IPB University tersebut, Dr. Arif mengajak mahasiswa baru memanfaatkan peluang kuliah di Sekolah Vokasi IPB University. Karena Sekolah Vokasi sebagai sarana untuk menggali potensi mahasiswa menjadi yang terbaik.

Dikatakan Arif, kegiatan ini bisa memberikan nilai tambah atau added value buat orang lain. Juga memberikan multiplier effect buat orang lain, memberikan dampak terbaik untuk lingkungan.

“Di Sekolah Vokasi ini akan lahir tenaga profesional yang sangat dibutuhkan. Akan lahir entrepreneur-entrepreneur juga socio preneur-socio preneur. Ini kesempatan,” ucapnya seperti di laman ipb.ac.id.

Pada kegiatan yang dilaksanakan 8-9 Agustus 2019 di Lapangan Kampus Sekolah Vokasi, Bogor tersebut, disampaikan mahasiswa dan dosen IPB banyak menorehkan prestasi.

Kurikulum Baru

Dr. Arief mendorong para mahasiswa Angkatan 56 itu untuk mengikuti prestasi-prestasi yang telah diraih. Tahun depan, IPB menggunakan kurikulum baru Sekolah Vokasi. Kurikulum 2020 IPB University menginginkan capaian pembelajaran agile learner, maka program studi yang ditawarkan adalah pendidikan S1 reguler

“Dampaknya ke depan tidak lagi menjadi The Second Option, namun akan menjadi pilihan pertama,” papar Rektor Arief.

Pemerintah saat ini sangat serius mengembangkan Sekolah Vokasi IPB University sehingga perhatiannya luar biasa, semoga menjadi yang terbaik. Di IPB University, Sekolah Vokasi sejak tiga tahun lalu banyak melakukan transformasi. Dengan adanya perubahan menjadi Sekolah Vokasi, program pendidikan diarahkan kepada yang bersifat profesi dan diharapkan akan menghasilkan calon pemimpin.

Dominasi Beragam Kompetensi

Dalam Kurikulum 2020, kompetensi yang diperlukan didominasi oleh softskill, bagaimana mampu bekerjasama, kepemimpinan yang baik, kreativitas, analytical thinking, pembelajaran yang tiada henti.

Terkait hal itu, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University, Dr. Ir. Drajat Martianto menyampaikan, IPB University mengalami transformasi luar biasa. Saat ini tengah melakukan perubahan kurikulum yang akan diterapkan untuk mahasiswa baru tahun 2020.

Dengan mengembangkan kuliah Program Diploma IV (D4), Angkatan 56 Sekolah Vokasi ini merupakan angkatan terakhir dan diharapkan supaya lulus dalam tiga tahun.

“Anda akan diberikan kesempatan untuk kuliah di D4. Raih mimpi kalian, manfaatkan waktu sebaik-baiknya. Transisi Diploma III dan Diploma IV harus selesai tiga tahun,” ucapnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Banner Hari KORPRI