Daerah

Bank Sampah Ciptakan Lingkungan Bersih dan Keuntungan Ekonomi

MAGELANG - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pengabdian Masyarakat (PPM) Universitas Gadjah Mada (UGM) 2019 Unit Salaman bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menggelar sosialisasi tentang Bank Sampah. Pemahaman tentang pentingnya Bank Sampah disampaikan kepada sekitar 30 kader PKK dan perwalian Karang Taruna Tunas Bangsa Desa Margoyoso, Kecamatan, Salaman.

Sosialisasi diawali dengan penyampaian materi oleh Irhamni Noor Syarif, SP., M.IL, dari Dinas Lingkungan Hidup mengenai pengelolaan sampah. Tieni Hartini sebagai fasilitator Bank Sampah dari Kecamatan Salaman juga turut menyampaikan materi tentang manajemen Bank Sampah.

Inti dari kedua pemateri yang disampaikan adalah pengelolaan sampah yang baik akan menciptakan lingkungan yang bersih. Di samping itu juga mampu memberikan keuntungan ekonomi.

Setelah penyampaian materi tersebut, penyuluh dari Dinas Pertanian mengenalkan program HATINYA PKK secara singkat. Acara ini kemudian diakhiri dengan rencana penimbangan Bank Sampah di Pasar Desa Margoyoso pada 4 Agustus 2019 nanti.

Rencana penimbangan tersebut hadir dari dorongan Tieni kepada peserta sosialisasi Bank Sampah untuk merealisasikan materi yang sudah disampaikan.

“Saya sanggup untuk  membimbing ibu-ibu kader Desa Margoyoso dalam merealisasikan Bank Sampah,” kata Irham.

Melalui sosialisasi ini diharapkan Bank Sampah di Desa Margoyoso, khususnya Dusun Tobong dapat terwujud dan dapat berjalan dengan baik. "Sesuai dengan prosedur Bank Sampah yang telah dijelaskan oleh kedua pemateri," kata Dhilla, salah satu mahasiswa KKN-PPM UGM 2019 Unit Salaman. (Siedoo) 

 

 

*Penulis Dhuriyatun Khasanah

 Mahasiswa KKN-PPM UGM 2019 Unit Salaman. 

Apa Tanggapan Anda ?