Dari Bandung untuk Anak Indonesia (DIBUAI) 2019. | image : Humas ITB

Kegiatan

Berikut Rangkaian Perayaan Hari Anak Nasional di Bandung

DPRD Kota Magelang

BANDUNG - Peringatan Hari Anak Nasional, belum menjadi tradisi masyarakat di Indonesia dibandingkan dengan peringatan hari besar lainnya. Bahkan, banyak anak-anak Indonesia yang tidak mengetahui adanya Hari Anak Nasional.

Untuk mewujudkan apresiasi dan dukungan kepada anak-anak Indonesia, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Olahraga dan Sabuga Institut Teknologi Bandung (ITB) Jawa Barat akan menyelenggarakan sebuah acara yang bertajuk : “Dari Bandung Untuk Anak Indonesia”. Kegiatan ini bekerja sama dengan tim anakbertanya.com dan Planet Sains di Gedung Sasana Budaya Ganesa ITB dan Sarana Olahraga ITB pada 28 Juli 2019, mulai pukul 08.00 -. 17.00 WIB.

"Hari Anak Nasional merupakan hari yang sepenuhnya menjadi milik anak Indonesia. Sehingga, setiap anak Indonesia memiliki kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri dalam berbagai bentuk kegiatan yang positif," jelas Kepala UPT Olahraga dan Sabuga ITB Drs. Tommy Apriantono M.Sc.,Ph.D.

Menurut dia, Hari Anak Nasional merupakan momentum yang penting untuk menggugah keramahan dan kepedulian terhadap anak, agar anak menjadi pewaris bangsa yang berkualitas.

“Dari Bandung Untuk Anak Indonesia” merupakan acara kolaborasi yang akan memasuki tahun ke-4 dan Festival Anak Bertanya akan memasuki tahun ke-5. Sejak tahun pertama, Festival Anak bertanya maupun Festival Planet Sains selalu bermitra dengan manajemen SABUGA ITB yang sejak November tahun 2018 menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Olahraga dan Sabuga ITB yang tentunya juga mengemban misi pendidikan.

"Melalui pengalaman suksesnya penyelenggaraan kedua acara tersebut pada setiap tahunnya, kami optimis acara ini akan menjadi icon peringatan Hari Anak Nasional terakbar 2019," ungkap Tommy.

Mata acara yang akan ditampilkan sangat beragam dan menarik. Yaitu, Festival Anak Bertanya : Berbagi pengetahuan, Special Talk on Parenting, Pertunjukan Musik dan Seni, Bioskop Anak, Kuis Berhadiah, Booth Lembaga dan Komunitas.

Dalam Festival Anak Bertanya, akan mengikutsertakan sejumlah lembaga dan komunitas yang berperhatian pada edukasi anak-anak. Serta mengajak sejumlah pakar dan pegiat sosial untuk berinteraksi dengan anak-anak untuk memperkenalkan berbagai profesi dan keilmuan melalui booth-booth yang disediakan.

Festival Planet Sains  : Pertunjukan Labirin Sains : Pameran 100 Alat Peraga Sains Interaktif, Amazing Race Science Sport, Pertunjukan Sains Spektakuler, Workshop Sains dan Kreativitas (Robotika, Squishy dan Celengan Dinosaurus), Kompetisi sains Tingkat SD-SMP (Roket Air dan Robotika), Booth Lembaga/ Komunitas.

Planet Sains sebagai lembaga pengembangan sains telah merancang dan melaksanakan berbagai program edukasi untuk menstimulasi rasa ingin tahu anak agar berkembang sesuai dengan usia dan tingkat kematangan psikologisnya. Untuk aktifitas luar ruangan : semakin memeriahkan acara, juga ditampilkan aktifitas di luar ruangan yang meliputi : Outdoor Adventure Games, Permainan Tradisional Anak-anak Masyarakat Sunda Jaman Dahulu, Perlombaan lari Amazing Race Sains Sport di trek lari, Arena Bola Basket, Bola Voli, dan lainnya.

Acara ini akan menjangkau lebih dari 5.000 orang pengunjung yang terdiri dari orangtua, guru, dosen, pemerhati pendidikan, dan siswa-siswi berprestasi dari usia pra sekolah, sekolah dasar, sekolah menengah, home schooling.

"Serta masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia. Khususnya yang menaruh perhatian di bidang pendidikan anak," tandasnya. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?
Dirgahayu RI Kota Magelang