Daerah

Dairi Rintis Techno Park, Menristekdikti Dorong Peningkatan SDM Melalui Pendidikan Tinggi

SUMUT - Dalam meningkatkan daya saing harus mendorong sumber daya manusia (SDM) menjadi lebih baik dan membangun Techno Park. Demikian ditandaskan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir di Kabupaten Dairi, Sidikalang, Sumatera Utara (Sumut).

Techno Park merupakan suatu kawasan terpadu yang menggabungkan dunia industri, perguruan tinggi, pusat riset dan pelatihan, ewirausahaan, perbankan, pemerintah pusat dan daerah dalam satu lokasi yang memungkinkan aliran informasi dan teknologi secara lebih efisien dan cepat.

“Dairi memiliki potensi sumber daya alam pertanian yang bagus, namun sumber daya manusianya yang belum mendukung dengan baik. Karena itu, jika akan dibangun Techno Park, harus ada perguruan tinggi yang bisa mendukung terhadap Techno Park itu,” ungkap Nasir.

Nasir mendorong Sidikalang untuk tingkatkan potensinya di bidang perkebunannya seperti yang sudah terkenal saat ini yaitu Kopi Sidikalang.

“Kopi Sidikalang jangan hanya dikonsumsi di Sidikalang saja karena tidak akan ada artinya, tidak ada nilai tambah bagi masyarakat Sidikalang dan Kabupaten Dairi. Oleh karena itu bagaimana produk ini bisa kita jual keluar Dairi. Sehingga perlu adanya suatu teknologi yang harus kita berikan melalui pendidikan tinggi nanti,” tutur Nasir.

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan untuk menghadapi revolusi industri 4.0, kebijakan pembangunan Kabupaten Dairi kini diarahkan kepada pembangunan SDM dan sarana-prasarana pendukung.

“Hal itu guna mendukung pemanfaatan kemajuan teknologi untuk peningkatan produktivitas,” ujar Eddy.

Kabupaten Dairi saat ini tengah merintis proyek pengembangan sains dan teknologi, yaitu Dairi Techno Park.

“Proyek ini memanfaatkan lokasi Taman Rekreasi Sidikalang dan diharapkan Menristekdikti mendukung anggaran untuk proyek ini,” tambah Eddy.

Selain itu, Eddy memohon dukungan untuk pendirian perguruan tinggi baru, sekaligus pemberian beasiswa kepada anak-anak di Kabupaten Dairi, khususnya yang berada di pelosok. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?