Tokoh

Mengenal Fajar Meirani, Finalis Mahasiswi Berprestasi Tingkat Nasional dari UNY

Siedoo, Fajar Meirani, mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memiliki segudang prestasi yang membanggakan. Ia mewakili UNY sebagai finalis pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional tahun 2019 yang diselenggarakan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk program sarjana. Raihan ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun telah melalui pejuangan yang cukup panjang.

"Menjadi finalis mahasiswa berprestasi nasional merupakan amanah dari UNY dan saya akan berusaha semaksimal mungkin," ujar Fajar.

Gadis kelahiran Banyumas 18 Mei 1998 tersebut sekarang sedang mempersiapkan diri guna mengikuti pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional tahap akhir. Untuk menuju kesana, dimulai dari seleksi tingkat jurusan, fakultas dan universitas.

“Seleksi di tingkat nasional terpilih 15 orang yang akan masuk final pada tanggal 23-26 Juli 2019 di Bogor, Jawa Barat,” katanya.

Alumni SMAN 2 Purwokerto tersebut mengaku bahwa, sejak duduk di bangku SMP sudah terbiasa meraih berbagai prestasi. Diantaranya olimpiade Matematika dan lomba menulis essay.

Prestasi yang ditorehkan putri pasangan Ahmad Sutoro dan Juniani ini cukup membanggakan dengan prestasi internasional Special Award Bronze Medal IPITEx di Thailand dan Gold Medal & Innovation Award i-FINOG di Malaysia. Selain itu, warga Karanglewas, Banyumas tersebut juga meraih prestasi di tingkat nasional, diantaranya Juara 2 Business Plan Nasional “Agrifair” di Politeknik Negeri Jember, Jawa Timur dan Juara 2 Essay Nasional Psychoscience di Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur.

Fajar juga meraih juara pertama dan kedua dalam Lomba Alat Peraga dan Media Pembelajaran di tingkat DIY-Jawa Tengah. Untuk diketahui, ia sebelumnya masuk UNY melalui jalur SNMPTN.

Penerima beasiswa Bidikmisi tersebut mengaku, sebenarnya telah diterima di salah satu sekolah kedinasan favorit di Indonesia. Namun atas saran orang tua akhirnya dia memilih ke UNY.

"Dengan ikut sebagai finalis, semoga bisa berbagi ilmu dan pengalaman dengan finalis lain dari berbagai program studi, sambil menambah wawasan untuk bekal kedepan," tandasnya. (*)

Apa Tanggapan Anda ?