Opini

Pentingnya Orangtua Membangun Komunikasi dengan Pihak Sekolah

Siedoo, Ketika orangtua memilih sekolah untuk anaknya, berarti harus menerima segala aturan di sekolah pilihan itu. Orangtua juga harus memahami bahwa, sekolah dan guru merupakan kesatuan yang tak terpisahkan.

Sehingga orangtua harus sadar guru mewakili pihak sekolah memiliki hak dan kewajiban membangun komunikasi dengan orantua siswa. Demikian pula sebaliknya, orangtua juga harus menanggapinya dengan baik dengan melakukan hal yang sama.

Komunikasi orangtua dengan pihak sekolah harus dibangun semata-mata demi kepentingan kemajuan belajar anak. Selain itu akan terjalin hubungan harmonis orangtua-sekolah dalam rangka bersama-sama memajukan pendidikan.

Orangtua perlu menyadari dengan terjalinnya komunikasi yang harmonis, bukan berarti orangtua boleh melakukan tindakan-tindakan dengan maksud agar anaknya mendapat ‘perlakuan khusus’ dari sekolah. Pihak sekolah pun tentu akan mengajak orangtua siswa dalam musyawarah terkait kebijakan-kebijakan baru untuk siswa di sekolah yang bersangkutan.

Pihak sekolah pun tentu akan menyampaikan informasi-informasi penting yang harus diketahui pihak orangtua siswa. Baik itu dari sekolah maupun dari dinas/pemerintah terkait pendidikan si anak di sekolah.

Mendukung program sekolah

Di atas telah dijelaskan, orang tua harus mendukung sekolah, karena telah memilih sekolah yang disukai oleh orangtua dan anak. Dukungan yang dimaksud adalah seperti mengawasi pembelajaran anak saat ekstrakurikuler di sekolah atau belajar anak di rumah.

Selain itu, orangtua juga harus mendukung program-program sekolah, turut serta secara aktif dan mengetahui perkembangan terbaru di sekolah. Orangtua juga bisa bergabung dengan komite sekolah dalam hal kemajuan sekolah atau prestasi siswa. Termasuk pemecahan masalah tertentu yang memang harus dimusyawarahkan sekolah dengan orangtua.

Dunia pendidikan membutuhkan lebih banyak peran serta orangtua. Sehingga dengan komunikasi yang baik antara orangtua dengan sekolah, maka akan lebih mudah dalam mendidik anak di berbagai aspek berbeda. Baik mendidik di sekolah maupun di rumah.

Pembelajaran bukan lagi suatu hal yang mandiri, karena selain mendalami pengetahuan, anak juga harus mendapatkan perkembangan menyeluruh atas semua jenis keterampilan.

Maka menjadi mustahil bagi sekolah untuk mengajarkan semua aspek ini pada siswa tanpa dukungan orangtua. Anak hanya bisa mendapatkan pendidikan dan perkembangan semua aspek, jika ada kerjasama yang harmonis antara orangtua dan sekolah.

Diawali dari hubungan orangtua-anak

Nah, itulah pentingnya orangtua membangun komunikasi yang baik dengan pihak sekolah. Namun perlu disadari para orangtua, sebelum mencapai hal itu orangtua terlebih dahulu membangun komunikasi yang baik dan intens dengan anak.

Orangtua adalah sosok yang paling bisa diandalkan bagi anak. Sehingga  hubungan akrab harus selalu dijaga. Jika anak melakukan kesalahan, orangtua tak boleh bertindak bagai guru dan menyalahkan anak.

Anak harus bisa merasakan rasa hormat dan kasih sayang dari orangtua mereka. Orangtua harus mampu memberikan dukungan emosional dan membantu saat mereka kesulitan dalam belajar.

Kesimpulannya, jika hubungan orangtua dan anak sudah bagus, maka akan lebih mudah membangun hubungan harmonis orangtua dengan sekolah. Muaranya, anak akan mendapatkan lebih banyak bantuan, lebih merasakan kehidupan sekolah yang menyenangkan, sehingga dalam memupuk prestasi lebih terdukung. (*)

 

 

 

*Yayan Rusyanto

Pemerhati pendidikan, tinggal di Cilacap, Jawa Tengah

Apa Tanggapan Anda ?