cara belajar

Ilustrasi : Setiap orang memiliki cara belajar masing-masing yang berbada satu sama lain.

Opini

Kenali Berbagai Macam Cara Belajar


Siedoo.com – Belajar adalah sebuah proses upgrade ilmu pengetahuan seseorang agar menjadi lebih paham, lebih banyak mengetahui, dengan tujuan menjadi lebih bijaksana. Banyak sekali cara yang dilakukan dalam belajar, yang sebaiknya setiap orang mengetahui cara belajar masing-masing. Apakah cara belajar Anda termasuk dalam daftar dibawah ini ?. Mari kita lihat.

Belajar dengan Membaca

Hal ini sangat dipahami oleh khalayak umum, bahwa orang belajar itu harus membaca. Bahkan terkadang kata “membaca” selalu diasumsikan dengan “belajar”. Banyak orang menerapkan metode belajar dengan membaca. Orang dengan cara belajar ini mempunyai karakteristik sebagai berikut :

  1. Bisa belajar sambil mendengarkan musik.
  2. Tidak paham jika hanya dengan mendengar, harus disertai dengan mencatat
  3. Bisa membaca dalam hati secara cepat
  4. Langsung dapat mengetahu poin-point materi hanya dengan membaca
  5. Lebih fokus dan mengandalkan kemampuan “mata”

Belajar dengan Mendengarkan

Selain membaca, cara yang lazim dilakukan sebagian orang adalah dengan mendengar. Orang dengan tipe ini sangat mengandalkan telinga untuk belajar. Orang yang memiliki cara belajar dengan membaca, memiliki karakteristik sebagai berikut :

  1. Belajar hanya bisa pada keadaan hening
  2. Tidak bisa belajar sambil mendengarkan musik.
  3. Bisa memahami materi hanya dengan mendengar.
  4. Dapat memahami pejelasan guru walaupun tanpa mencatat dan dengan mata yang kemana-mana. Asalkan telinganya masih mendengar.
  5. Tidak dapat paham hanya dengan membaca dalam hati. Jika saat membaca mulutnya harus mengeluarkan suara agar telinganya tetap mendengar
  6. Tidak suka mencatat.

Belajar dengan Mempraktekkan / Mengulangi

Cara yang biasanya ditempuh oleh sebagian orang ini terbilang cukup unik. Ini biasanya akan dialami oleh orang-orang yang mempunyai pengetahuan teknis yang kuat. Jika hanya dengan membaca dan mendengar tidak akan bisa memahami, sebelum dia sendiri mempraktekkan / memperagakan apa yang sedang dibacanya. Dari cara belajar jenis ini pula, dihadirkan berbagai alat peraga pendidikan. Apa karakteristiknya ?

  1. Tidak cukup hanya dengan membaca atau mendengar.
  2. Lebih suka menggambar dan mengilustrasikan apa yang sedang dipelajari.
  3. Lebih suka dengan alat-alat peraga atau teknis.
  4. Suka menerapkan ilmu yang dipelajari di kehidupan sehari-hari

Belajar dengan Video

Cara ini merupakan cara paling ramai diterapkan saat ini oleh sebagian besar orang. Yaitu, menggabungkan ketiga metode belajar sebelumnya. Ini banyak diterapkan dalam video-video tutorial atau video “how to“.

Dengan hadirnya teknologi video, materi dapat disampaikan secara visual dengan gambar bergerak (untuk peraga), didukung dengan penjelasan suara (audio) dan disertai beberapa tulisan di dalam video itu sendiri (membaca). Dan terbukti, metode ini dapat meningkatkan pemahaman siswa cenderung lebih cepat daripada hanya dengan membaca, mendengar, atau memperagakan.

Apa Tanggapan Anda ?