Tanggal 8 Juni, peringatan Hari Laut Sedunia (World Oceans Day). (ilustrasi: greeners.co)

Opini

Hari Laut Sedunia, Sejarah dan Tujuannya


Siedoo, Hari ini tanggal 8 Juni bertepatan dengan peringatan Hari Laut Sedunia (World Oceans Day). Hari Laut Sedunia merupakan perayaan tahunan yang diperingati di berbagai belahan bumi, termasuk di negara kita, Indonesia.

Indonesia merupakan negara yang dikelilingi lautan, di mana  Indonesia memiliki luas wilayah laut 96.079,15 km2. Luas wilayah itu menjadikan Indonesia sebagai wilayah kepulauan terbesar di dunia.

Hari Laut Sedunia telah diperingati setiap tanggal 8 Juni sejak pengajuan pertama pada tahun 1992 oleh Kanada pada Earth Summit di Rio de Janeiro, Brasil. Hari peringatan ini kemudian disahkan oleh PBB pada akhir tahun 2008. (Wikipedia) Sejak tahun 2003, The Ocean Project telah mengoordinasikan hari peringatan ini dengan mengumpulkan para peserta setiap tahun.

Melansir dari worldoceansday.org, perayaan Hari Laut Sedunia merupakan perayaan hari yang didedikasikan khusus untuk menghargai laut-laut yang ada di dunia. Dengan merayakan hasil-hasil yang disediakan oleh samudra. Seperti makanan laut dan kehidupan laut untuk akuarium, hewan peliharaan.

Peringatan itu juga meluangkan waktu untuk menghargai nilai intrinsik itu sendiri. Laut juga menyediakan jalur pelayaran untuk perdagangan internasional.

Polusi global dan konsumsi ikan yang berlebihan telah menyebabkan populasi ikan berkurang dengan drastis. Hari peringatan ini juga memberikan kesempatan berbeda untuk menyelenggarakan aksi komunitas dan personal untuk menjaga samudra dan hasil di dalamnya.

Tahun 2019 ini, Hari Laut Sedunia mengusung tema ‘Gender and Oceans (Gender dan Lautan). Di setiap tahunnya terdapat tema atau fokus aksi utama dalam peringatan Hari Laut Sedunia.

Aksi yang bisa dilakukan saat peringatan Hari Laut Sedunia juga beragam, seperti pembersihan pantai dan konsisten untuk tidak membuang sampah apa pun ke laut. Secara garis besar, tujuan peringatan Hari Laut Sedunia (World Oceans Day) adalah:

  • Untuk mengingatkan semua orang tentang peran utama lautan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka adalah paru-paru planet kita, memberikan sebagian besar oksigen yang kita hirup
  • Untuk menginformasikan kepada publik tentang dampak dari tindakan manusia di laut
  • Untuk mengembangkan gerakan dunia dari warga untuk laut
  • Untuk memobilisasi dan menyatukan penduduk dunia pada sebuah proyek untuk manajemen berkelanjutan dari lautan di dunia. Mereka adalah sumber utama makanan dan obat-obatan dan bagian penting dari biosfer.
  • Untuk merayakan bersama-sama keindahan, kekayaan, dan masa depan laut.

Dengan turut serta memperingati Hari Laut Sedunia, kita berharap turut andil melakukan tindakan untuk menjaga dan melindungi laut kita yang sangat luas. (*)

 

 

*Yayan Rusyanto

Pemerhati pendidikan, tinggal di Cilacap, Jawa Tengah

Apa Tanggapan Anda ?
Ads Samanata