Daerah

Dosen Tidak Hanya Transfer Ilmu, Tetapi Transfer Nilai Pendidikan

YOGYAKARTA - Sumber daya manusia (SDM) merupakan hal penting di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Oleh karena itu, perlu peningkatan jumlah dosen berkualifikasi S3. 

"Para dosen baru segera menyesuaikan diri di jurusan masing-masing. Untuk pembinaan dosen akan dilaksanakan bulan Juli yang akan datang dengan materi pembinaan Bahasa Inggris, Bagaimana Cara Mengajar dan Kepegawaian," kata Rektor UNY Sutrisna Wibawa.

Hal itu disampaikan saat 113 calon pegawai negeri sipil UNY menerima SK CPNS, yang diserahkan Rektor UNY, Sutrisna Wibawa di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY, Jumat (31/5/2019). Penyerahan itu didampingi para Wakil Rektor dan para penerima SK tesebut adalah para dosen dari 7 fakultas di UNY. Rektor pun mengucapkan selamat atas diterimanya para CPNS sebagai keluarga baru di UNY.

“Setelah tahun kedua, bagi yang masih S2 harus studi lanjut S3,” kata Sutrisna Wibawa.

Hal ini agar rasio dosen magister dan doktor menjadi stabil. Rektor menegaskan kembali tugas guru bukan hanya transfer ilmu pengetahuan. Namun juga transfer nilai seperti nilai karakter, sopan santun dan ideologi Pancasila.

Sementara itu, Wakil Rektor II UNY Edi Purwanta mengatakan bahwa dosen yang lolos CPNS terdiri dari 7 dosen dari Fakultas Ilmu Keolahragaan, 29 dosen Fakultas Ilmu Pendidikan, 12 dosen Fakultas Bahasa dan Seni, 8 dosen Fakultas Ilmu Sosial, 16 dosen Fakultas MIPA, 19 dosen Fakultas Ekonomi dan 22 dosen Fakultas Teknik.

“UNY tahun 2018 mendapat jatah 145 dosen, dimana 113 sudah jadi SK CPNS-nya sedangkan yang belum jadi ada 32,”  kata Edi Purwanta. Tahun ini merupakan formasi terbanyak UNY mendapatkan CPNS. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?