Opini

Penting Orangtua Datang Ambilkan Raport Anak, Simak Manfaatnya

Siedoo, Pada semester kedua, biasanya pihak sekolah memberi undangan kepada orangtua siswa untuk datang mengambil buku raport anaknya. Di akhir semester kedua adalah saat kenaikan kelas, saat yang mendebarkan bagi siswa akan hasil akhir dari belajarnya selama satu tahun pelajaran.

Namun, terkadang ada saja alasan orangtua untuk tidak datang ke sekolah mengambilkan raport anaknya. Terkadang orangtua menyuruh pembantu, saudara lain, atau bahkan orangtua tidak pernah mengambilkannya.

Padahal, datang mengambil raport hanya satu kali dalam satu semester atau dua kali dalam satu tahun, atau bahkan setahun sekali, tidak setiap bulan. Apa salahnya menyempatkan diri, apa salahnya meluangkan waktu untuk ambil raport.

Mengapa penting? Sebab sesungguhnya orangtua datang mengambil raport anaknya memiliki banyak manfaat, seperti :

1. Silaturrahim

Suatu hal yang keliru jika orangtua merasa selesai dengan menitipkan anaknya ke sekolah kemudian tidak pernah datang ke sekolah untuk anaknya. Orangtua perlu silaturahim dengan guru dan sekolah, mengenal guru yang telah berjasa dengan mengajar anaknya.

Apa salahnya bertanya kabar, sedikit mengenal tentang guru, terutama wali kelas. Guru atau wali kelas akan senang sekali dengan kedatangan orangtua ke sekolah, akan timbul jalinan komunikasi untuk kemajuan anaknya.

2. Mengetahui kondisi anak di sekolah.

Merupakan hal penting orangtua mengetahui informasi tentang anaknya di sekolah, apakah sesuai perilaku anak di rumah dengan di sekolah. Karena ada anak yang sopan di rumah, menunjukkan sikap patuh di rumah, namun bisa berbeda ketika di sekolah.

Jadi orang tua dapat informasi utuh dan sebenarnya, tentang anak ketika di sekolah, langsung dari pihak sekolah atau guru/wali kelasnya. Bukan hanya informasi dari teman atau orang lain yang mungkin hanya tahu sepotong-sepotong.

3. Bentuk perhatian orangtua kepada pendidikan anak

Wali kelas tentu akan mengecek ke anak, kenapa orangtuanya tidak hadir. Dapat dibayangkan perasaan anak, jika orang tuanya tidak pernah datang mengambilkan raportnya. Jadi datang mengambilkan raport merupakan bentuk perhatian orangtua kepada pendidikan anaknya.

4. Sinergi komunikasi orangtua dan sekolah

Orangtua datang ke sekolah meskipun hanya saat mengambilkan raport kenaikan kelas anaknya, sudah termasuk membangun sinergi. Di sana, komunikasi akan terjalin antara guru dan orangtua. Sinergi inilah yang cukup membantu dalam mengupayakan pendidikan yang tepat untuk anak.

Nah, bila orangtua datang mengambilkan raport anaknya memiliki banyak manfaat, masihkah hal itu akan diabaikan? Bagaimanapun pendidikan anak adalah sepenuhnya tanggungjawab orangtua.

Pihak sekolah hanya membantu para orangtua dalam mendidik anak-anak menjadi generasi yang bertaqwa, cerdas, terampil, dan berbudi luhur. Sebagaimana harapan setiap orangtua. (*)

 

 

*Yayan Rusyanto
Pemerhati pendidikan tinggal di Cilacap, Jawa Tengah

Apa Tanggapan Anda ?