Daerah

Yuk, Jauhi 3 Penyakit Penghancur Intelektual di Era Milenial

Siedoo, Di era revolusi industri 4.0 saat ini perlu diwaspadai penyakit-penyakit berbahaya. Paling tidak ada 3 penyakit paling bahaya di era milenial saat ini, dan harus dijauhi oleh siapa pun.

Ketiga penyakit paling berbahaya dimaksud adalah narkoba, pornografi, dan hoax. Demikian disampaikan Guru Besar UIN Ar-Raniry, Aceh, Prof. H. Yusni Saby, MA, Ph.D pada acara buka puasa bersama Komunitas Antar Peradaban.

Penyakit masyarakat yang namanya narkoba telah merambah sampai ke polosok negeri, menyasar ke anak-anak baik secara terang-terangan maupun melalui makanan. Demikian dikatakan Prof. Yusni di Aula lantai II Gedung Pascasarjana UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh itu, dikutip dari uin.ar-raniry.ac.id.

“Begitu juga dengan pronografi, saat ini juga telah merambah kepada anak-anak. Bahkan sampai ke kamar, oleh karena itu harus dalam pengawasan ekstra,” lanjutnya.

Menurut Prof. Yusni, penyakit ketiga yang paling bahaya di era digital ini, yakni hoax dan berita bohong, yang saat ini telah dikembangkan dan terstruktur. Kebohongan telah merusak keintelektualan dan merusak keilmuan.

“Intelektual kita akan hancur jika kita tidak merawatnya dengan baik. Oleh sebab itu mari kita rawat dengan silaturrahim dan mari kita perbaiki bersama,” ajaknya.

Diwartakan, silaturrahim dan buka puasa bersama ini dilaksanakan selain untuk mempererat silaturrahim, juga untuk merajut relasi. Di mana ke depan akan terus dilakukan membuat relasi antarbangsa ke berbagai negara, baik barat maupun timur, termasuk ke Asia Barat.

“Kami akan mengedepankan komunikasi yang harmoni antarbangsa dan etnik, salah satu pendekatan yang dilakukan dengan pendekatan budaya. Ke depan akan dicari peluang beasiswa bagi yang ingin melanjutkan studinya,” kata Iniosiator kegiatan, Dr. Abdul Rani Usman, M.Si. (*)

Apa Tanggapan Anda ?