Daerah

Tes SKD CPNS Papua dan Papua Barat Berbeda Waktu

JAKARTA – Pendaftaran seleksi CPNS, termasuk di dalamnya formasi tenaga pendidik, di kabupaten/kota di Provinsi Papua dan Papua Barat telah ditutup. Untuk tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Papua direncanakan digelar 19 Juni mendatang. Sementara tes SKD bagi Papua Barat telah dilakukan 10 Mei 2019 lalu.

“Pada awalnya Panselnas merencanakan agar proses seleksi CPNS di Papua Barat dan Papua bersamaan. Namun, karena kendala teknis, akhirnya pendaftaran calon Peserta di Papua baru ditutup 17 Mei,” kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Mudzakir.

Dijelaskan, bahwa tercatat hingga 17 Mei sudah terdapat 71.706 akun yang telah submit pada website https://sscasn.bkn.go.id/. Sedangkan untuk Papua Barat sebanyak 31. 989 akun. Untuk tahapan yang akan dilalui para peserta setelah pendaftaran adalah verifikasi administrasi, yang kemudian dilanjutkan dengan SKD menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

Setelah itu, nilai diserahkan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) atau Panselnas untuk kemudian masuk pengolahan nilai. Setelah pengolahan nilai selesai kemudian dilakukan rekonsiliasi data, mengecek data antara yang diterima BKN dengan BKD Provinsi Papua dan Papua Barat atau disinkronkan, untuk kemudian diputuskan Panselnas (Panitia Seleksi Nasional).

“Rekrutmen untuk Papua dan Papua Barat merupakan bagian dari CPNS 2018, dimana sebelumnya di kedua wilayah tersebut mengalami kendala teknis sehingga proses seleksi baru dapat dilaksanakan pada tahun 2019 ini,” katanya.

Disampaikan, bahwa rekrutmen CPNS untuk Provinsi Papua ini hanya dapat diikuti peserta baru. Sehingga, bagi pelamar yang telah melakukan pendaftaran di SSCN 2018 tidak bisa kembali mendaftar.

Lebih lanjut, pihaknya kembali mengingatkan agar pelamar tidak percaya kepada seseorang yang menjanjikan kelulusan dengan membayar uang dengan nominal tertentu. Karena memang kelulusan seorang pelamar hanya ditentukan oleh kemampaun masing-masing.

Sebagaimana diketahui, pendaftaran CPNS tahun 2018 untuk kabupaten/kota di Provinsi Papua dan Papua Barat telah resmi dibuka sejak 24 April 2019. Namun untuk wilayah Papua Barat proses pendaftaran sudah ditutup pada 10 Mei 2019 kemarin, sedangkan Papua akan ditutup pada 17 Mei 2019  pukul 23.59 WIB. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
M Nur Ali

Recent Posts

Aksi Nyata Pembangunan Bangsa dengan Menebar Kebaikan Al-Qur’an

SALATIGA - GenBI Komisariat IAIN Salatiga mengadakan kegiatan Gerakan Wakaf Al-Qur'an, belakangan ini. Tema yang…

1 minggu ago

Rutin Tahunan, Penyaluran Zakat Fitrah Oleh SD Tahfidz Quran As Syafi’iyah

MAGELANG - Sekolah Dasar (SD) Islam Tahfidz Qur'an As Syafi'iyah mengadakan kegiatan penerimaan zakat fitrah…

2 minggu ago

Pendidikan Dini Menyambut Fitri, Semarak Ramadhan di SD Islam Tahfidz Qur’an As Syafi’iyah

MAGELANG - Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam. Berbondong-bondong masyarakat serentak memeriahkannya. Seperti…

3 minggu ago

Semarak Ramadhan, SMP N 12 Kota Magelang Gelar Berbagai Kegiatan Keagamaan

MAGELANG - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 Kota Magelang turut melaksanakan serangkaian kegiatan dalam…

4 minggu ago

GenBI Komisariat UNDIP Realisasikan Peran Sebagai Agent of Change dan Front Liner

SEMARANG - Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Universitas Diponegoro selenggarakan kegiatan GenBI Mengajar pada Sabtu…

4 minggu ago

Esensi Layanan Bimbingan Karir Sebagai Sentra Karir

Siedoo, Seiring peluncuran kurikulum merdeka bagaimana peran dan fungsi bimbingan konseling mengutamakan kualitas peserta didik…

1 bulan ago