Tokoh

Juarai YNSF 2019, Mahasiswa FT UBB Wakili Indonesia di Ajang Internasional

Siedoo, Tiga Mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas Teknik telah mengharumkan Universitas Bangka Belitung (UBB) di tingkat Nasional. Mereka berhasil memenangi kompetisi pada ajang Youth National Science Fair (YNSF), yang diselenggarakan di Gedung Gymnasium UPI Bandung, Jawa Barat.

Ketiganya adalah Aliefia Noor (ketua), Evi J., dan Aisyah Deri Ayu Tungga Safitri (Tim UBB). Mereka berhasil lolos menjadi salah satu finalis dalam event penelitian tingkat nasional atau YNSF Tahun 2019.

Mereka ke final setelah dinyatakan lolos seleksi proposal dengan menyisihkan ratusan peserta. Kompetisi ini diselenggarakan dari 10-12 Mei 2019 di venue UPI Bandung, Jawa Barat.

Di ajang kompetisi tersebut UBB berhasil meraih juara 1 dan berhak mewakili Indonesia di ajang serupa pada tingkat Internasional. Rencananya akan diselenggarakan di Negara Turki pada tahun 2020 mendatang. Sementara untuk juara 2 pada YNSF 2019 diraih oleh UNS, serta juara 3 diraih oleh UIN Sunan Gunung Djati.

Yuant Tiandho, Dosen pembimbing mahasiswa fisika FT UBB menerangkan, kompetisi tersebut diikuti dari beberapa kampus ternama. Namun setelah diseleksi untuk kategori Engineering dan Teknologi yg masuk ke final sebanyak 7 tim. Penelitian yang diangkat oleh Tim UBB dengan tema Nanofluida pada aplikasi kolektro surya untuk destilasi etanol.

“Semoga prestasi ini bisa menambah daftar prestasi UBB, dan UBB dapat makin dikenal di dunia nasional dan internasional,” ungkap Yuant dikutip ubb.ac.id.

Ia juga menambahkan, semoga semakin banyak yang bisa digali dan diteliti di Bangka Belitung oleh tim dari UBB dari berbagai sisi. Baik energi, lingkungan, seni dan budaya, hingga maritim dan lain-lain, sebagai upaya untuk membangun peradaban yang unggul. (*)

Apa Tanggapan Anda ?