Daerah

10 Siswa MAN 2 Pekanbaru, 6 Siswa MAN IC OKI Maju OSN Nasional

PEKANBARU – Sebanyak 10 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pekanbaru akan mewakili Provinsi Riau dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Nasional 2019. Mereka yang berhasil lolos ke OSN tersebut telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau nomor 3402/D4/TU/2019 tertanggal 07 Mei 2019.

Adapun 10 siswa tersebut adalah Muhammad Gemal (Bidang Fisika), Vina Ermalinda dan Annisa Maida F (Bidang Kimia), Yusuf Ilham (Bidang Komputer), M. Naufal Atahullah dan Neisa Bibatillah Alif (Bidang Astronomi).

Lalu ada Dewita Angelina (Bidang Ekonomi), Ghaly Yana Putra (Bidang Kebumian), Sulthan Aflahuddin dan Beauty Deannisa Yondra Dwita (Bidang Geografi).

“Mereka akan berkompetisi pada OSN Tingkat Nasional 2019 yang akan dilaksanakan di Manado pada 30 Juni – 6 Juli 2019 mendatang,” jelas Kepala MAN 2 Pekanbaru Norerlinda dilansir dari kemenag.go.id.

Meraka akan bergabung dengan 23 siswa dari SMA sederajat lain untuk mewakili provinsi tersebut.

Alhamdulillah 10 dari 24 siswa yang ikut seleksi berhasil loloas ke OSN Tingkat Nasional,” ungkapnya.

Mewakili dalam ajang nasional tersebut, lanjutnya, bukan pertama kalinya siswa MAN 2 Pekanbaru. Pada 2018 lalu, 10 siswanya juga menjadi perwakilan Riau pada ajang OSN di Sumatera Barat.

“Bahkan penyumbang emas satu-satunya untuk Riau adalah siswa MAN 2 Pekanbaru, Shania Rahmi,” akunya.

Saat itu, Shania, bertanding pada bidang ekonomi, sekaligus menjadi utusan Indonesia pada International Economic Olympiad yang diikuti oleh 3 negara di Rusia, pada September 2018 lalu.

Bukan hanya dari sekolah tersebut, MAN Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) juga akan mengirim 6 siswa ke OSN di tingkat Nasional.

Mereka adalah M. Labib Alfaraby dan Muhammad Iqbal Samudra untuk bidang Fisika, Gading Widiansyah bidang Kimia, Muhammad Fadhil Mahendra dan M. Dugi Alfaro Putra bidang Ekonomi, serta Muhammad Faris Ar Rifat di bidang Geografi.

Mereka akan tergabung dalam tim yang mewakili Provinsi Sumatera Selatan. Penetapan keenam nama tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Selain MAN IC OK, tim Sumsel diwakili oleh siswa SMA Ignatius GS Palembang, SMA Negeri 1 Palembang, SMA Negeri 17 Palembang, SMA Negeri Sumatera Selatan dan SMA Kusuma Bangsa Palembang.

“OSN Tingkat Nasional akan digelar 30 Juni hingga 6 Juli 2019 di Manado, Provinsi Sulawesi Utara,” terang Kepala MAN Insan Cendekia OKI Kiagus Faisal.

Kiagus mengaku bangga dengan capaian siswanya. Menurutnya, itu tidak terlepas dari pola pembimbingan intensif selama lebih kurang dua bulan yang dilakukan pihak madrasah. Proses pembinaan akan dilakukan lebih intensif untuk mempersiapkan tim MAN IC OKI di tingkat nasional. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?