Daerah

Bacakan 1.234 Puisi, SMA Ini Mendapat Penghargaan Leprid

KENDAL - Sebanyak 1.234 siswa dan guru SMA Negeri 2 Kendal, Jawa Tengah membaca puisi bersama bertemakan alam di halaman sekolah, akhir pekan lalu. Puisi-puisi yang dibacakan berasal dari buku karya siswa, guru, pengurus komite, dan orang tua yang berisi 1.234 judul.

Ditulis jateng.sindonews.com, peluncuran buku dan membaca puisi bersama ini mendapatkan penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid). Penghargaan disampaikan langsung di halaman sekolah disaksikan para siswa dan warga sekolah.

Kepala SMA Negeri 2 Kendal, Yuniasih mengatakan, puisi bertema alam sengaja dipilih. Karena sekolahnya mempunyai visi misi mengembangkan jati diri, meraih prestasi tertinggi, dan berwawasan lingkungan.

“Puisi yang ditulis siswa dan guru merupakan ekspresi jiwa tentang alam dan diharapkan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya di lingkungan sekolah,” katanya dilansir beritajateng.net.

Lebih lanjut Yuniasih mengatakan, membaca puisi tentang alam untuk memacu siswa dan guru menuju sekolah Adiwiyata Mandiri. Hal itu sebagai lanjutan dari sekolah Adi Wiyata Nasional yang sudah diraih. Sedangkan bagi siswa, dengan puisi alam tersebut dapat mempertebal kepedulian terhadap lingkungan.

Persiapan mengumpulkan puisi sebanyak 1.234 judul dari seluruh siswa dan guru membutuhkan waktu sebulan. Sekolah juga melakukan seleksi sebab ada beberapa siswa yang menulis lebih dari satu judul puisi.

Membaca puisi tentang alam secara bersama-sama oleh 1.234 siswa dan guru mendapat penghargaan Leprid nomor 434 dan 435. General Manager Leprid, Eduarty Fiska Mahu mengatakan, puisi ini baik untuk pengembangan karakteristik siswa.

“Siswa juga bisa mempunyai wawasan dan kepribadian yang lebih baik,” katanya dikutip inews.id. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?