Kegiatan

Kesempatan Emas Pelaku Usaha untuk Belajar Technopreneurship

MAGELANG -  Bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan inovator di Kota Magelang, Jawa Tengah, ini ada kesempatan bagus untuk terus belajar. Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang akan menyelenggarakan seminar dan workshop wirausaha berbasis teknologi (technopreneurship) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan inovator, 24 April 2019 nanti. Pelaku usaha dapat bertukar pikiran kepada narasumber agar usahanya bisa semakin berkembang. 

Seminar ini akan menghadirkan praktisi digital marketing tingkat nasional, Laksita Utama Suhud. "Harapan kami para peserta UMKM dan pelaku inovasi dapat meningkatkan kapasitas, kualitas dan kuantitas produk. Sehingga, mampu menembus pasar baik lokal, nasional bahkan global," kata Kepala Bidang Pengembangan dan Harmonisasi Inovasi (PHI) Balitbang Kota Magelang, Catur Adi Subagyo.

Kepala Balitbang Kota Magelang Arif Barata Sakti menjelaskan, seminar ini merupakan sub kegiatan pada forum Jaringan Penelitian Pengembangan dan Penerapan IPTEK Balitbang tahun anggaran 2019. Sekaligus sebagai wujud komitmen Pemkot Magelang dalam memperhatikan usaha kecil menengah serta memfasilitasi kapasitas UMKM dalam penguasaan teknologi, pasar dan penguatan jaringan usaha.

"Kami targetkan 100 peserta ikut dalam seminar ini, mereka berasal kalangan usahawan yang didominasi dari UMKM dan inovator di Kota Magelang," kata Arif.

Arif melanjutkan, selain materi, narasumber juga akan mereview beberapa produk potensial lalu memberikan masukan dalam konteks pemasaran, pengemasan, harga dan sebagainya. Ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk sehingga lebih mudah diterima pasar.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Pengembangan dan Penerapan IPTEK Balitbang Kota Magelang Yetty Setianingsih menambahkan, seminar dan workshop yang baru pertama kali diadakan di Kota Sejuta Bunga ini merupakan komitmen Pemkot Magelang memajukan UMKM, inventor dan inovator Krenova 2018-2019.

"Kami juga akan mengundang Balitbang Provinsi Jawa Tengah dan lembaga yang membidangi litbang se-Karesidenan Kedu. Mereka akan memberikan semangat dan gaung positif bagi dunia litbang di Kota Magelang," jelasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?