Lima warga binaan LPKAS Kelas 1 Pakjo, Palembang, Sumatera Selatan saat melaksanakan doa bersama sebelum UNBK. (foto: sumateradeadline.co.id)

Daerah

Tetap Semangat, Lima Warga Binaan LPKA Ikuti UNBK di SMAN 11 Palembang


PALEMBANG – Menjadi warga binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Pakjo Palembang, Sumatera Selatan tak mematahkan semangat lima anak ini dalam mengenyam pendidikan. Terbukti kelimanya tetap belajar dan mengikuti mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri 11 Palembang.

Hari Senin (1/4/2019) pada sesi kedua tepatnya pukul 10.30 WIB, mereka mengikuti UNBK dengan lancar. Sebelum melaksanakan UNBK, mereka terlebih dulu membaca doa bersama.

Staf Pembinaan LPKA Kelas 1 Pakjo Palembang, Rudi Iskandar mengatakan, dari kelima warga LPKA, empat di antaranya sudah kembali kepada orang tua.

“Iya empat sudah keluar dan satu masih menjadi warga binaan. Untuk ujian nasional kita selalu rutin melaksanakannya dan merujuk di SMA Negeri 11 Palembang,” kata Rudi dilansir sumateradeadline.co.id.

Sebelum melaksanakan UNBK, kelima warga LPKA telah melakukan berbagai persiapan, di antaranya simulasi UNBK dan belajar di sekolah.

Dikatakan Rudi, kelima Anak Didik Lapas (Andikpas) tersebut menjadi warga binaan dengan berbagai kasus. Di antaranya kasus narkoba dan kasus 363 yaitu kriminal. Setelah lulus SMA para Andikpas ada yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Memang SMAN 11 ini sekolah fillial bagi Andikpas. Jadi ujiannya selalu di sini setiap tahun. Kita tak pernah memaksa mereka untuk lanjut sekolah, namun tak henti memotivasi mereka kalau masa depan mereka masih panjang,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu warga LPKA, Bayu Adi Saputra menuturkan, setelah lulus nanti dirinya akan tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Saya pernah menjadi warga binaan bukan berarti cita-cita saya harus pudar. Semua berhak mendapatkan apa yang menjadi mimpinya. Saya akan berusaha lagi untuk menjadi yang terbaik,” harap Bayu. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Ucapan Pemkot