Daerah

Sempat Mundur, UNBK SMA di Wilayah Ini Tetap Lancar

MAGELANG - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA di Kota Magelang, Jawa Tengah, secara umum berlangsung lancar hingga hari kedua ini, Selasa (2/4/2019). Meski sebelumnya pada hari pertama, Senin (1/4/2019), sempat terkendala masalah login di SMA Negeri 1 Kota Magelang.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Magelang, Sucahyo Wibowo mengatakan, kendala yang terjadi ketika peserta hendak login untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, pada sesi pertama, di satu ruangan. Sedangkan, dua ruangan lainnya tidak bermasalah.

Untuk itu, panitia terpaksa menggeser waktu pelaksanaan yang seharusnya sesi pertama dimulai pukul 07.30 WIB menjadi pukul 10.00 WIB.

"Hanya itu saja, semuanya lancar. Cuma memang untuk yang sesi ketiga, selesainya sampai sore, sekitar pukul 17.00-18.00 nanti,” kata Sucahyo.

Sucahyo tidak mengetahui secara pasti penyebab masalah tersebut. Dia menduga terkait hardware komputer, sebab setelah diperbaiki semua kembali dapat dioperasikan normal. Begitu juga dengan pelaksanaan di sekolah lain

“Hingga saat ini, belum ada laporan masalah di sekolah lain. Sepertinya semua lancar, hanya di kami yang sempat terkendala. Semoga besok tidak ada masalah lagi,” tandas Sucahyo, yang juga Kepala SMA Negeri 1 Kota Magelang itu.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 3 Magelang, Joko Tri Haryanto, sejumlah peserta UNBK sempat kesulitan log out di sesi kedua. Namun demikian permasalahan tersebut bisa diatasi sekitar 15 menit dan tidak menyebabkan pemunduran jadwal ujian.

Alhamdulillah lancar, Cuma ya itu tadi ada trouble sedikit. Ada beberapa siswa yang tidak bisa log out usai selesai mengerjakan ujian. Namun bisa diatasi, sehingga pelaksanaan UNBK sesuai jadwal,” ucapnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?