Siedoo.com -
Nasional

Akmil Kirimkan Taruna – Taruni ke Empat Daerah di Jatim 

MAGELANG – Taruna – taruni Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah Tingkat IV Tahun 2019 dikirim ke wilayah Jawa Timur. Mereka mengikuti Kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-39 dan Latihan On The Job Training (OJT) Taruna/Taruni Tingkat IV Akmil tahun 2019. Latsitarda Nusantara akan dilaksanakan selama dua minggu sampai dengan 15 April 2019.

Lokasi kawasan Jawa Timur kembali dipercaya untuk menjadi salah satu daerah tujuan. Empat kabupaten di Jawa Timur yang menjadi ajang Latsitarda Nusantara tersebut yakni Jember, Trenggalek, Pamekasan, dan Bojonegoro.

“Latsitarda Nusantara merupakan kegiatan latihan aplikasi dari materi pengetahuan teritorial dalam rangka meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan arti pentingnya nilai-nilai kemanunggalan TNI dengan rakyat. Serta sebagai wahana pembelajaran dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan akademik para taruna/taruni guna membantu percepatan pembangunan daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman dalam sambutannya saat laporan kesiapan Latitardanus XXXIX dan OJT Tahun 2019.

Di Lapangan Pancasila Akmil juga diadakan laporan kesiapan OJT bagi Taruna/Taruni Akmil Tingkat IV Tahun 2019, di jajaran Kodam V/Brawijaya, Divisi Infanteri 2/Kostrad dan Pusdikpenerbad. Hadir pada acara kesiapan pemberangkatan (Latsitarda) Nusantara ke-39 dan Latihan On The Job Training (OJT), Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi dan para pejabat Distribusi Akmil, pengasuh, Gumil dan Dosen Akmil.

“Materi kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya adalah karya bhakti, penyuluhan, kajian sosial, kegiatan akademis dengan melaksanakan penelitian kondisi sosial budaya masyarakat setempat dan pengenalan/promosi Taruna Akademi TNI, Akpol dan IPDN,” jelasnya.

Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman juga menjelaskan tentang  Latihan On The Job Training (OJT) yang akan berlangsung mulai 18 sampai dengan 27 April 2019 adalah salah satu bentuk kegiatan kurikuler  Taruna/Taruni. Nantinya akan dapat mendukung pelaksanaan tugas di Satuan, dengan berperan sebagai seorang Danton, Pa  Staf Batalyon,  dan Perwira TNI AD pada jabatan Golongan IX di Satuan-Satuan Jajaran Kodam V/Brawijaya, Divisi Infanteri 2/Kostrad dan Pusdikpenerbad.

Baca Juga :  Pembinaan Mental Upaya Strategis bagi Akmil

Dengan demikian, para taruna/taruni  memperoleh pengalaman tugas yang sebenarnya sesuai dengan job discription. Baik sebagai komandan, staf dan sekaligus mengenal kehidupan prajurit secara nyata di lapangan.

“Selamat melaksanakan latihan kepada para taruna/taruni tingkat IV Akmil,” jelas dia. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?