SMP Ihsanul Fikri Kota Magelang menggelar Arabic Time. Kegiatan ini bertujuan agar siswa lebih mudah menghafal Al Quran.

Daerah

Arabic Time Moment Hafalkan Al Quran


MAGELANG – Sebanyak 151 siswa SMP Ihsanul Fikri Kota Magelang, Jawa Tengah mengikuti kegiatan Arabic Time. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap Sabtu tersebut berlangsung di Masjid Asy Syfa sekitar sekolah. Kegiatan Arabic Time dilaksanakan selama 30 menit dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 07.30.

Kegiatan berlangsung dengan mengambil sesi waktu setelah murajaah Al Quran. Selama pelaksanaan juga dibimbing oleh guru bahasa arab yang juga hafidz Al Quran, ustadz Siswoto Abdul Azis.

Ceria Wijaya Putri, Humas dan Guru Bimbingan Konseling SMP Ihsanul Fikri menjelaskan, dalam tahap awal pengenalan bahasa arab yang dilakukan adalah seputar kosakata sehari-hari. Format kegiatan dilaksanakan dengan cara menyimak dan menuliskan katerangan yang didektekan oleh guru.

“Tahap awal ini guru mendektekan dan siswa menuliskan di buku,” kata Ceria.

Tujuan pelaksanaan kegiatan Arabic Time ini agar siswa dapat lebih lancar dalam menggunakan dan memahami bahasa arab. Seperti yang diketahui, setiap siswa diminta untuk dapat menghafalkan Al Quran sebanyak 2 juz ketika proses kelulusannya. Dengan demikian, kegiatan seperti ini juga dapat membantu memudahkan hafalan.

“Dengan mengerti arti dan maksudnya siswa dapat lebih mudah dalam menghafal,” jelas Ceria.

Lebih jauh pihak sekolah juga berharap bahwa setelah mengerti serta memahami Al Quran dan hadis, siswa dapat menerapkan dikehidupan sehari-hari. Sehingga, dapat menjadi pribadi yang lebih baik serta selamat dunia dan akhiratnya.

Apa Tanggapan Anda ?