Tokoh

Tekun Membaca dan Menulis Antarkan Huda Raih Duta Baca

Siedoo, Hobi yang dipadu dengan ketekunan belajar dan berlatih terbukti menghasilkan prestasi yang luar biasa. Paling tidak itulah yang dirasakan Rahma Huda Putranto, S.Pd, guru SD Borobudur 1, Magelang, Jawa Tengah. Berkat hobinya membaca dan menulis, Huda, panggilan akrabnya, berhasil dinobatkan sebagai Duta Baca Kabupaten Magelang 2019, Selasa (26/3/2019)

Huda yang lahir di Magelang tahun 1992 tersebut mengikuti Pemilihan Duta Baca Kabupaten Magelang 2019. Ia berhasil masuk nominasi. Kemudian dalam babak final dia berhasil meraih nilai tertinggi dan berhak menyandang Duta Baca Kabupaten Magelang.

Guru muda yang pernah mengajar Sekolah Kebangsaan Methodist Tanjong Malim, Negara Bagian Perak, Malaysia (2013) itu, memiliki kiat yang patut ditiru. Huda menuturkan dalam mencapai prestasi hidup harus berpegang pada tiga hal, yaitu semangat, disiplin, dan pantang menyerah.

“Karena dengan tiga hal itu, saya telah membuktikannya selama ini,” ungkap Huda kepada siedoo.com.

Terbukti sederet prestasi pernah diraih Huda, seperti peringkat 2 Tes CPNS Umum Formasi PGSD Pemkab Magelang 2014 dengan skor point 387. Kemudian Peringkat 2 Olimpiade Guru Nasional (OGN) Tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2016.

Di bidang sastra, Huda termasuk 98 penyair terpilih dalam Lomba Memuisikan Mencari Penyair (September 2018). Juga sebagai Juara III dalam Event Menulis Puisi Tingkat Nasional (Anlitera, 2018).

Menurut Huda, hobi menulis tentu diiringi dengan hobi membaca. Karena keduanya tidak terpisahkan. Menurut Huda dengan banyak membaca semakin banyak ide yang muncul untuk dikembangkan menjadi sebuah tulisan.

“Bisa berupa puisi, opini, artikel, features, atau bahkan buku,” kata pengajar yang pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia ini.

Buah pikiran Rahma Huda Putranto sering dimuat di berbagai media cetak di tanah air. Ketekunannya menulis telah membuahkan beberapa buku pendidikan dan sastra. Tak heran Huda memiliki pandangan luas tentang dunia literasi ke depan untuk Kabupaten Magelang dan tanah air umumnya.

Lulusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014 dengan predikat cumlaude ini berharap masyarakat Kabupaten Magelang gemar membaca dan melek literasi. Sehingga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan mereka.

Kini Rahma Huda Putranto, S.Pd sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. (*)

Apa Tanggapan Anda ?