Categories: Daerah

Peluang, Kini Lulusan Sekolah Vokasi Makin Dilirik Industri

Share

SEMARANG - Lulusan sekolah vokasi kini tidak boleh dianggap sebelah mata. Sebab, alumnus dari pembelajaran dan perkuliahan sistem ini banyak dilirik dunia industri. Sebagian juga malah menduduki posisi penting di berbagai perusahaan.

“'Kami tentu memberikan apresiasi dengan semakin berkualitasnya sistem pendidikan vokasi di Indonesia. Lulusan sekolah kini banyak dibutuhkan untuk mendukung pembangunan nasional,” tutur Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, di Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (Undip), kompleks kampus Tembalang, Jawa Tengah.

Menhub hadir dalam prosesi peletakan batu pertama pembangunan dan renovasi gedung sekolah vokasi di kampus tersebut. Hadir pula Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, Dekan Sekolah Vokasi Prof. Dr. Budiono, serta alumni Undip Managing Director Sinar Mas, Gandi Sulistiyanto. Menteri sekaligus memberikan apresiasinya atas model pengelolaan sekolah vokasi di Undip.

Terbukti, kampus itu sudah melahirkan banyak alumnus unggul yang memberikan kontribusi besar bagi negeri ini. Hal ini menjadi bukti kampus menjadi salah satu pihak yang bertanggungjawab melahirkan sumber daya manusia tangguh. Kiprah ini sangat ditunggu untuk mendorong percepatan kemajuan bangsa.

Dikutip dari laman undip.ac.id, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengemukakan bahwa harus berkiblat pada dunia vokasi di Jerman dan Korea.

“Karena di sana dunia vokasi berkembang pesat dan lulusan vokasi dapat bergaji sama dengan gaji professor,” kata Menhub Budi.

Menjadi bagian dari juara

Gandi Sulistiyanto yang pernah merasakan kuliah vokasi di Undip pada era tahun 1970 mengaku kini perhatian pemerintah terhadap sistem pembelajaran seperti ini sangat tinggi. Dia pun berkeinginan lahirnya banyak lulusan sekolah vokasi mumpuni untuk melayani kebutuhan pasar kerja di berbagai sektor.

“Mohon maaf pada zaman dulu sekolah di vokasi perasaannya minder. Tak seperti mahasiswa lainnya yang penuh rasa percaya diri. Tapi sekarang berbeda mahasiswa sekolah vokasi justru bagian dari para juara,” katanya.

Sementara Rektor Undip Yos Johan mengaku mengelola ribuan mahasiswa yang tergabung dalam sekolah vokasi Undip. Mereka dipersiapkan menjadi lulusan unggul dan siap pakai memasuki dunia kerja. Selain menggenjot kemampuan akademi para mahasiswa sekolah vokasi Undip juga memperkuat fasilitas penunjang perkuliahan. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Narwan Sastra Kelana

Recent Posts

Bersiap Hadapi UNBK, Siswa MA Al-Iman Gelar Doa Bersama di Ponpes Assegafiyah

MAGELANG – Menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang tinggal hitungan hari lagi, seluruh guru siswa kelas XII Madrasah Aliyah…

15 jam yang lalu

Jangan Lupa Finalisasi, Pendaftaran SNMPTN Ditutup Besok

JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 dibuka sejak Jumat (14/2/2020) pukul 14.00 WIB dan akan…

16 jam yang lalu

Ternyata Belajar di Alam Bebas Membantu Perkembangan Anak

Siedoo, Secara umum banyak orang tua merasa khawatir apabila anak-anak balitanya bermain di luar ruangan. Para orang tua masih khawatir…

16 jam yang lalu

Cegah Bahasa Daerah Punah, Badan Bahasa Punya 5 Program Utama

JAKARTA - Berdasarkan data dari UNESCO dalam Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional 2020, secara global 40 persen populasi di dunia…

17 jam yang lalu

Kami Marah, Tapi Guru jangan Dibegitukan

Siedoo, Peristiwa duka yang menimpa siswa siswi SMP N 1 Turi Sleman Yogyakarta membuat marah semua pihak. Kejadian susur sungai…

22 jam yang lalu

Agar Berjalan Baik, Kawal Kebijakan Kampus Merdeka

JAKARTA - Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Muchlis Rantoni Luddin ingin memastikan bahwa eksekusi atau pelaksanaan dari…

23 jam yang lalu