Menag Lukman Hakim Saifuddin saat memberikan arahan pada PPG di UIN Syarif Hidayatullah. (foto: kemenag.go.id)

Nasional

Di hadapan Mahasiswa PPG, Menag : Mendidik Dilandasi Rasa Cinta


JAKARTA – Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan salah satu strategi pemerintah agar kualitas kompetensi guru terus meningkat. Tidak hanya wawasan, pengetahuan, tapi juga keterampilannya dalam mendidik.

Demikian ditandaskan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin saat menyapa 700 peserta Uji Kompetensi Mahasiswa (UKM) PPG di Gedung PPG UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jalan Raya Parung, Bojongsari, Kedaung, Sawangan, Depok.

“Proses ini merupakan amanah undang-undang, bukan semata kehendak pemerintah. Sebagai profesi, guru harus memenuhi kualifikasi dan kompetensi tertentu,” kata Menag seperti ditulis kemenag.go.id.

Dinyatakan, wawasan, pengetahuan guru harus lebih luas dari muridnya. Dia berharap kualitas pendidikan keagamaan jauh lebih baik.

Menag mengajak peserta PPG dapat menjaga rasa cinta. Sebab, rasa cinta yang selalu menyemangati, memotivasi semua dalam berinteraksi dengan anak didik.

“Kita sedang mendidik, membentuk karakter, bukan sedang mentransfer ilmu pengetahuan. Dengan rasa cinta kita landasi semua, menanamkan kebajikan, membentuk karakter tidak bisa disampaikan dengan amarah, apalagi kebencian,” kata Menag.

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Amany Burhanuddin Umar Lubis menyampaikan, terima kasih atas hadirnya Menag Lukman di gedung baru PPG tersebut. Mudah-mudahan dengan gedung baru ini mahasiswa dapat berprestasi lebih baik lagi.

“Misi saya, peningkatan kapasitas mahasiswa, selain ilmu pengetahuan, tapi juga menyangkut kemampuan, integritas diri, akhlak dan lainnya. Kapasitas adalah istilah yang harus dimiliki semuanya agar senantiasa dapat berkembang baik,” kata Amany. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Dirgahayu RI Kota Magelang