Daerah Tokoh

Kembangkan Literasi, Madrasah Ini Sekaligus Luncurkan 18 Buku Karya Guru

Siedoo, Para guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Sragen, Jawa Tengah menorehkan sejarah bagi madrasahnya. Mereka berhasil menyusun, menerbitkan 18 judul buku yang mereka sebut 18 Big Book. Buku-buku tersebut diluncurkan dengan menggelar acara Semarak Literasi Madrasah.

Kepala MIN 4 Sragen Rohmawati, Big Book tersebut dibuat berdasarkan materi yang sesuai dengan kurikulum 2013. Seluruh penulisnya merupakan guru MIN 4 Sragen. Para guru tersebut melakukan proses penulisan buku selama dua bulan.

“Sebelumnya kami diberikan pelatihan sehari penuh oleh penerbit buku Arga Pustaka Wonogiri,” tutur Rohmawati dikutip dari laman kemenag.go.id.

Rohmawati berharap, dengan melakukan gebrakan semacam ini akan meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah. Meski terletak di desa, semangat MIN 4 Sragen untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas madrasah tidak pernah padam.

“MIN 4 Sragen dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana membuat satu gebrakan baru dengan mengadakan kegiatan Semarak Literasi Madrasah,” ujar Rohmawati.

Saat ini, MIN 4 Sragen yang berada di desa Nglangak, Gemolong, Kabupaten Sragen ini memiliki 314 siswa dengan 17 tenaga pendidik yang terdiri dari sembilan guru PNS dan delapan guru honorer.

Selain melakukan peluncuran Big Book, Semarak Literasi Madrasah juga diisi  dengan pembacaan puisi, dongeng cerita rakyat, tahfidz juz 30, serta pidato. Kegiatan Semarak Literasi Madrasah ini dimeriahkan juga dengan berbagai lomba yang diikuti oleh siswa-siswi TK/RA/BA dan PAUD di kecamatan Gemolong dan sekitarnya.

“Kami berharap kegiatan Semarak Literasi Madrasah ini dapat membawa manfaat bagi dunia pendidikan, serta memotivasi siswa, guru, dan masyarakat di bidang literasi,” harap Rohmawati. (*)

Apa Tanggapan Anda ?