Nasional

Sebelum Tentukan Pilihan, Tengok Delapan Perguruaan Tinggi Ikatan Kedinasan Ini

JAKARTA - Ada banyak alasan siswa memilih sekolah berbasis ikatan dinas karena beberapa hal. Seperti sekolah itu menawarkan jaminan kerja dengan posisi pekerjaan yang diinginkan pendaftar. Fenomena sekolah ikatan dinas memang menjadi pembahasan menarik, sehingga memungkinkan peserta yang mengikuti akan terus meningkat setiap tahunnya.

Seringkali siswa yang lulus SMA/SMK/MA menjadi bingung memilih dan memutuskan untuk kuliah atau langsung bekerja. Bila ingin kuliah dan segera bekerja, Perguruan Tinggi Ikatan Kedinasan (PTIK) menjadi salah satu pilihan.

Semua pilihan memiliki konsekuensi tersendiri seperti contoh apabila siswa memilih kerja. Maka yang akan mereka hadapi adalah sulitnya mencari lowongan kerja karena lulusan hanya SMA/SMK/MA sederajat seandianya dapat kerja pasti posisi yang akan didapat kurang memuaskan.

Ada banyak sekali sekolah ikatan dinas yang ada di Indonesia bisa diikuti. Namun perlu selektif sebelum menentukan PTIK mana yang dipilih. Dilansir dari pendaftaran.net, beberapa sekolah ikatan dinas yang menawarkan ikatan dinas tanpa biaya kuliah berikut informasinya.

  1. PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akutansi Negara (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Kampus ini menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara.

Selama pendidikan, mahasiswa tidak dipungut biaya pendidikan dan tidak diasramakan. Mereka yang lulus seleksi dan berhasil masuk di kampus ini akan mendapatkan jaminan kerja melalui program ikatan dinas CPNS setelah lulus akan langsung ditempatkan pada lembaga di bawah kementerian keuangan.

Proses pendaftaran dilaksankan melalui situs sscndikdin.bkn.go.id kemudian formulir pendaftaran diisi melalui situs www.pmb.pknstan.ac.id yang dilaksankan melalui online.

  1. IPDN

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) merupakan satu-satunya Institut di bawah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang menyediakan ikatan dinas. Dengan ketentuan biaya kuliah ditanggung Kemendagri.

Proses penerimaan dan seleksi IPDN dilakukan melalui seleksi CPNS pendaftaran dilakukan melalui situs resmi sscndikdin.bkn.go.id. Kemudian mengisi formulir pendaftaran melalui situs http://spcp.ipdn.ac.id setelah lulus mahasiswa harus menempuh pendidikan sesuai program studi pilihan.

Apabila  sudah tamat akan langsung bekerja sebagai CPNS di bawah kementerian dalam negeri dan siap ditugaskan di mana saja.

  1. STIS

STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) juga memiliki program penerimaan ikatan dinas. Di mana mereka yang ingin mendaftar dan kuliah di kampus ini harus lulus seleksi yang sudah ditetapkan oleh Menpan. Pelaksanaan pendaftaran dilakukan melalui online situs sscndikdin.bkn.go.id kemudian setelah mendaftar siswa harus mengisi formulir pendaftaran melalui situs resmi http://www.stis.ac.id/spmb.

Mereka yang sudah tamat dari kampus ini akan langsung bekerja menjadi seorang CPNS di bawah Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh Indonesia.

  1. POLTEKIP dan POLTEKIM

POLTEKIP (Politeknik Pemasyarakatan) dan POLTEKIM (Politeknik Imigrasi) merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Hukum dan HAM. Bagi siapa saja yang dinyatakan lulus seleksi kampus ini akan mendapatkan jaminan kerja setelah lulus nanti karena kampus ini menerapkan ikatan dinas CPNS.

Mereka yang lulusan kampus ini akan langsung bekerja sebagai CPNS di bawah KemenkumHam, bagi yang berminat pendaftaran dilaksankan melalui situs sscndikdin.bkn.go.id selanjutnya peserta wajib mengisi form pendaftaran melalui situs http://catar.kemenkumham.go.id.

  1. STMKG

STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) juga membuka penerimaan khusus mahasiswa baru melalui jalur ikatan dinas. Melalui lembaga BMKG kampus ini akan memberikan kesempatan berkarir melalui seleksi ikatan dinas. Setelah lulus akan langsung bekerja di salah satu kantor di bawah BMKG.

Bagi kalian yang berminat silakan mengikuti pendaftaran melalui online situs sscndikdin.bkn.go.id. Kemudian mengisi formulir pendaftaran melalui situs www.ptb.stmkg.ac.id.

  1. STTD

STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat) merupakan salah satu Perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan, bergerak dalam bidang transportasi darat. Saat ini membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur ikatan dinas di mana mereka yang lulus jalur ini akan mendapatkan jaminan kerja dari Kemenhub.

Jika berminat silakan ikuti pendaftaran melalui situs resmi sscndikdin.bkn.go.id. Kemudian proses pengisian formulir dilakukan melalui http://bpsdm.dephub.go.id/ dan http://sttd.ac.id.

  1. STIN

STIN (Sekolah Tinggi Intelejen Negara) saat ini juga sedang membuka penerimaan mahasiswa baru. Bagi yang berminat silakan mengikuti pendaftaran melalui situs resmi sscndikdin.bkn.go.id.

Kampus ini juga menerapkan sistem rekrutmen pegawai yang sama yaitu ikatan dinas untuk pengisian formulir pendaftaran dilaksanakan melalui situs resmi www.stin.ac.id.

  1. STSN

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STIN) membuka penerimaan khusus calon pegawai negeri sipil melalui jalur ikatan dinas. Untuk mengikuti pendaftaran khusus silakan mengikuti pendaftaran melalui situs resmi sscndikdin.bkn.go.id. Kemudian selanjutnya proses pengisian formulir pendaftaran dilaksanakan melalui situs resmi STSN sampai dengan selesai.

Jaminan kerja akan diterima apabila anda lulus STSN dan bekerja di bawah Lembaga Sandi Negera sekaligus menjadi bagian penting dari pertahanan NKRI.

Demikianlah informasi berhasil dihimpun siedoo.com. Jangan lupa untuk terus update semua proses pendaftaran terkait dengan penerimaan kampus ikatan dinas. Karena ini merupakan kesempatan besar untuk kuliah dan langsung bekerja apalagi sebagai CPNS. Semoga informasi cukup memberikan alasan mengapa kalian harus memilih PTIK untuk kuliah. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?