Nasional

Berikut Data Statistik Pendaftaran SNMPTN 2019, Hasil Seleksi Diumumkan 23 Maret

JAKARTA - Proses pelaksanaan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 telah berakhir pada tanggal 19 Februari 2019 pukul 22.00 WIB.  Dari data statistik perkembangan pendaftaran SNMPTN sampai tanggal ditutupnya pendaftaran adalah sebagai berikut:

  1. Jumlah Siswa Lulus : 2.330.433
  2. Jumlah Siswa yang boleh Mendaftar SNMPTN : 778.891
  3. Jumlah Pendaftaran sudah Finalisasi : 478.070
  4. Bidikmisi : 135.801
  5. Jumlah Sekolah : 14.074

“Sehubungan dengan perkembangan statistik pendaftaran SNMPTN 2019 tersebut, dengan ini menyampaikan himbauan kepada sekolah dan siswa agar menunggu hasil seleksi SNMPTN yang akan dimumkan pada tanggal 23 Maret 2019,” kata Ketua LTMPT Ravik Karsidi dalam siaran persnya.

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Prof Budi Prasetyo Widyobroto menjelaskan, siswa yang sampai tahap finalisasi adalah mereka yang sudah mendaftarkan diri lengkap, memilih perguruan tinggi, dan sudah mencetak kartu pendaftaran.

“Kartu pendaftaran ini nantinya digunakan untuk mendaftar universitas yang dipilih peserta jika ia lolos SNMPTN 2019,"katanya seperti dikutip dari kompas.com.

Siswa yang lulus SNMPTN 2019 tak diperkenankan lagi mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) lewat ujian tertulis.

Melansir dari sbmptn.ltmpt.ac.id, SBMPTN melalui ujian tertulis telah menunjukkan berbagai keunggulan dan manfaat, baik bagi kepentingan nasional, PTN, maupun peserta.

Bagi peserta, manfaat seleksi bersama adalah lebih efisien, murah, dan fleksibel dengan adanya mekanisme lintas wilayah. SBMPTN ini dari tahun ke tahun selalu diperbaiki dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi.

Pada tahun 2016 mulai diperkenalkan juga SBMPTN dengan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

SBMPTN 2019 merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.

Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SBMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

Tujuan SBMPTN

1. Menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

2. Memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.

3. Memperoleh calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi negeri tujuan berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi siswa lainnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?