Good Book Good Festival menghadirkan Komunitas Perpustakaan Jalanan Magelang. Kelompok ini mendukung minat baca masyarakat di Magelang dan sekitarnya.

Daerah

Perpustakaan Jalanan Magelang Ramaikan Pameran Buku


MAGELANG – Pameran buku Good Book Good Festival mulai dibuka di Atrium Artos Mall, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (30/6/2017). Di salah satu sudut acara, terdapat pemandangan yang berbeda dari yang lainnya. Salah satu yang menarik dari Good Book Good Festival adalah hadirnya komunitas Perpustakaan Jalanan Magelang (PJM).

Komunitas ini dipelopori oleh kelompok anak muda Magelang dan baru diresmikan Maret 2017 silam. PJM diselenggarakan secara rutin setiap Sabtu dan Minggu di kawasan Alun-Alun Kota Magelang. Kelompok ini menyediakan lapak untuk berbagai buku bacaan yang bisa dibaca siapa saja. Dengan adanya PJM di Artos Mall, pengunjung bisa membaca buku secara gratis selama festival berlangsung.

“Tujuan didirikannya Perpustakaan Jalanan merupakan sebuah literasi yang dihadirkan di ruang-ruang publik. Guna menjangkau kalangan muda dan masyarakat Magelang agar lebih tertarik memiliki minat baca,” kata Blasius Ariadi Brata, salah satu dari komunitas Perpustakaan Jalanan Magelang.

Dengan tujuan menarik minat baca ini, PJM menyambut baik tawaran Artos Mall untuk bergabung dalam festival tersebut. Selain ingin memberikan literasi kepada pengunjung mall, ia juga berharap komunitas ini akan lebih dikenal lagi masyarakat luas.

“Lebih jauh lagi, masyarakat akan tertarik mendukung komunitas ini. Mengingat buku-buku yang dimiliki perpustakaan jalanan dihimpun dari para donatur dan juga koleksi pribadi anggota komunitas,” jelas Brata.

Para pengunjung Artos Mall, dapat menikmati berbagai macam buku yang tersedia. Mulai dari novel, cerpen, puisi, komik buku anak-anak, majalah, buku tentang sosial, ekonomi, politik filsafat, hingga jurnal penelitian. Pengunjung juga tak perlu repot mencari tempat untuk membaca, karena sudah disediakan beberapa meja dan kursi untuk para pembaca buku.

Good Book Good Festival, sebuah pameran yang memadukan makanan dan buku di Atrium Artos Mall, Magelang, Jawa Tengah. Pameran ini cukup menarik perhatian pengunjung, dilihat dari kerumunan yang cukup padat di area Atrium Artos Mall. Sebagian pengunjung menikmati sajian kuliner dan sebagian lainnya memadati area pameran buku.

Sementara itu, Dian Indri, Public Relation Artos Mall menjelaskan bahwa pihaknya menggandeng Perpustakaan Jalanan karena ingin memberikan ruang bagi komunitas untuk terus berkembang. Selain itu, juga untuk memberikan konsep yang berbeda bagi pengunjung mall.

“Selama ini, tujuan orang pergi ke mall pasti bukan untuk membaca buku. Tapi dengan adanya perpustakaan jalanan ini, pengunjung dapat menikmati sensasi membaca buku seperti di perpustakaan,” kata Dian.

Apa Tanggapan Anda ?