Mahasiswa UKDW sedang mengenalkan permainan tradisional kepada mahasiswa Hanseo University. foto: humas UKDW

Internasional Kegiatan

Mahasiswa Dua Negara Tukar Pikiran, Bahas Budaya dan Pendidikan

DPRD Kota Magelang

YOGYAKARTA - Sepuluh mahasiswa Hanseo University, Korea, mengikuti “Global Leadership Program (GLP)” di UKDW Yogyakarta akhir Januari 2019 ini. Dalam kegiatan yang terdiri dari tiga bagian, yakni volunteering activities, global presentation, dan mini korean festival mereka didampingi dosen pendamping, Prof. Jang Won Kweon dan Prof. Lee Kang Sub.

Kerja sama kedua perguruan tinggi itu diawali dengan volunteering activities di lingkungan Paroki Boro, Kalibawang, Kulon Progo pada 23-24 Januari 2019. Mahasiswa dari dua kampus beserta pendamping terjun langsung ke masyarakat untuk membersihkan lingkungan setempat dan mempelajari proses pembuatan tenun.

Wakil Rektor Bidang Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Jejaring UKDW, Pdt. Robert Setio, Ph.D, menyambut baik kedatangan mahasiswa Hanseo University. Ia berharap kerja sama yang telah terjalin antara UKDW dan Hanseo University semakin meningkat.

“Tujuan dari program ini adalah supaya mahasiswa dari kedua universitas dapat saling belajar khususnya mengenai budaya dan sistem pendidikan yang diterapkan di kedua negara,” tambahnya.

Mahasiswa dari Korea, juga mengenalkan budaya Korea melalui pertunjukan taekwondo dan K-pop cover dance di PAUD Bina Kusuma Tanah Perdikan EcoEdupark (TPE), sebuah daerah khusus pendidikan yang berbasis ekosistem dan ekologi.

Kegiatan GLP dilanjutkan dengan global presentation yang mengangkat tema “International Exchange Cooperation and Global Citizenship Education” pada Jumat, 25 Januari 2019. Seminar yang berlangsung di Ruang Seminar Didaktos ini diikuti enam puluh peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan staf UKDW serta rombongan dari Hanseo University.

“Dalam global presentation ini, wakil dari masing-masing universitas mempresentasikan ide dan pandangan mereka terkait tema yang telah dipilih,” tandasnya.

Tiga mahasiswa yang menjadi wakil UKDW, sebelumnya telah mengikuti program internasional. Sehingga, dalam kesempatan ini mereka bisa berbagi pengalaman yang diperoleh selama mengikuti program di luar negeri.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Pedro Raymon Lapebesi dan Bridget Annabele Christanta yang mengikuti CJCU Summer Camp di Taiwan, serta Theresa Fridey Sihite mengikuti Scranton Scholar’s Leadership Program di Korea Selatan. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Dirgahayu RI Kota Magelang