SMA Mutual Kota Magelang

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat memberi sambutan dalam pembukaan acara Edu Passion dan peresmian ruang laboratorium SMAN 3 Bandung, Jalan Belitung Nomor 8, Kota Bandung, Jawa Barat. foto: disdik.jabarprov.go.id

Daerah

Kata Kang Emil, Siswa Wajib Memiliki 3 Kemampuan Ini


BANDUNG – Di era revolusi industri 4.0, siswa tidak cukup hanya unggul di bidang kognitif saja. Siswa harus memiliki tiga kemampuan, yaitu kemampuan berbahasa, kemampuan kempimpinan dan kemampuan digital.

Hal itu dikatakan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam pembukaan acara Edu Passion dan peresmian ruang laboratorium SMAN 3 Bandung, Jalan Belitung Nomor 8, Kota Bandung, belakangan ini.

“Penguasaan tiga kemampuan telah menjadi kewajiban karena merupakan kebutuhan dalam proses adaptasi yang dilakukan dengan keadaan saat ini,” ucap Ridwan dilansir dari  disdik.jabarprov.go.id.

Dicontohkan, penguasaan di bidang digital, siswa harus paham manfaatkan dan menguasai internet off things, sistem pemograman, aplikasi dan bidang lainnya. Selain itu, kemampuan berbahasa asing pun menjadi sesuatu yang harus dikuasi siswa sebagai sarana untuk menjalin komunikasi.

Ridwan juga menekankan pentingnya kemampuan kepemimpinan yang bermanfaat dalam proses pengambilan keputusan.

“Jika kalian mempunyai jiwa kepemimpinan, kalian akan tau kapan harus bertindak tegas, kapan harus bertindak lembut dan selalu menjadi pribadi yang tenang,” tandas pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

Hal senada pun diucapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dewi Sartika. Dewi mengapresiasi peresmian gedung tersebut dalam rangka meningkatkan akreditasi dan standar mutu pendidikan di sekolah tersebut.

“Semoga anak-anak semakin termotivasi dengan adanya fasilitas ini. Saya mengimbau agar satuan pendidikan segara melakukan persiapan guna menghadapi Ujian Nasional Berbasis Kompoter (UNBK) yang akan dilaksanakan pada Maret mendatang,” imbaunya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?