Suasana tes CPNS 2018 lalu di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. (foto: tribunnews.com)

Nasional

Jangan Terkejut, CPNS 2019 Hanya untuk 3 Daerah Ini


JAKARTA – Merupakan kabar baik bagi yang tak lolos seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, tahun ini pemerintah membuka seleksi CPNS 2019. Dalam Instastory akun KemenPan-RB, membenarkan adanya rekrutmen CPNS pada Maret 2019 mendatang.

Namun, jangan terkejut ternyata penerimaan tersebut hanya dilakukan untuk tiga daerah saja. Daerah tersebut adalah Sulawesi Tengah yang proses seleksi CPNS 2018 tertunda lantaran adanya bencana alam. Kemudian rekrutmen CPNS 2019 juga akan berlangsung di Papua dan Papua Barat yang juga sempat tertunda.

Akun KemenPAN-RB juga menuliskan bahwa rekrutmen CPNS pada Maret 2019 selain tiga daerah tersebut tidak ada, alias tidak digelar perekrutan. Namun, selain pendaftaran CPNS 2019, tahun ini juga akan dibuka pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K).

Rekrutmen P3K akan dibuka untuk seluruh wilayah di Indonesia, dan dikabarkan pemerintah akan membuka rekrutmen P3K bulan Februari 2019 mendatang. Rekrutmen P3K ini bertujuan untuk akselerasi kapasitas organisasi serta mencapai tujuan strategis.

Dikutip dari laman www.menpan.go.id ada 150.000 P3K yang dibutuhkan untuk mengisi formasi yang dibuka. Seleksi akan dibuka dalam dua tahapan.

Tahap pertama dikhususkan untuk eks Tenaga Honorer K2 (THK2) pada posisi guru/dosen, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian yang memenuhi syarat. Sedangkan tahap kedua, P3K dibuka untuk formasi umum.

Adanya rekrutmen CPNS dan P3K 2019 tersebut diharapkan mampu memberi peluang bagi mereka yang gagal dalam rekrutmen CPNS 2018 lalu. Baik gagal karena persyaratan rekrutmen, maupun gagal dalam tes seleksi. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?