Berkat penemuan Louis Braille pada tahun 1824, penyandang tunanetra dapat membaca buku dengan huruf Braille. (foto: liputan6.com)

Opini

Lima Temuan di Dunia Ini Ternyata Diciptakan Anak-anak


Siedoo, Selama ini banyak kita ketahui hasil penemuan di dunia penemunya adalah ilmuwan, peneliti, atau orang dewasa. Seperti penemuan mesin uap oleh James Watt menjadi cikal bakal revolusi industri di Inggris, yang kemudian membuat dirinya dijuluki Bapak Revolusi Industri.

Namun, bukan hanya orang dewasa yang berhasil mengubah dunia melalui penemuannya. Ternyata anak-anak juga berkontribusi pada terciptanya alat atau benda yang selalu berguna hingga di masa depan.

Lalu, siapa saja mereka dan penemuan apa yang mereka berhasil buat? Berikut ini 5 penemuan yang diciptakan anak-anak, seperti dikutip dari CBC News:

  1. Huruf Braille

Huruf Braille merupakan sistem membaca titik-titik yang diperuntukkan bagi penyandang tunanetra. Huruf ini diciptakan oleh Louis Braille pada 1824. Kala itu, usianya baru 15 tahun.

Dia memodifikasi kode militer untuk membaca pesan di medan perang dalam kondisi gelap. Kemudian, Braille menciptakan huruf yang memungkinkan tunanetra dapat membaca.

  1. Penutup telinga

Pada film-film Barat, kita sering melihat pemainnya mengenakan penutup telinga terutama pada musim dingin. Ternyata, alat ini ditemukan oleh Chester Greenwood dari Maine, Amerika Serikat, ketika umurnya 15 tahun.

Dia membuat lingkaran kawat dan meminta neneknya untuk menjahit bulu-bulu pada ujungnya. Penutup telinga ini bahkan membuat tentara AS tetap merasa hangat selama Perang Dunia I.

  1. Mainan truk

Hal paling disukai anak-anak adalah mainan. Mungkin ini juga yang mendorong anak usia 6 tahun untuk membuat mainannya sendiri. Robert Patch pada 1963 membuat sketsa truk mainan yang ideal menurut versinya.

Dia ingin mainannya dapat dibongkar dan disatukan kembali, bahkan diubah menjadi kendaraan lain. Di usia yang masih muda, Patch berhasil mendapatkan paten untuk gagasannya itu.

  1. Es lilin

Minuman es satu ini mirip es krim dan bahkan sudah menyebar ke seluruh dunia dengan beragam rasa. Ternyata es lilin ditemukan oleh bocah laki-laki usia 11 tahun pada 1905. Dia adalah Frank Epperson yang tak sengaja meninggalkan bubuk minuman yang dicampur air dan diaduk, di ruang pendingin semalaman.

Baca Juga :  Kepala Perpusnas Beberkan 4 Aspek Literasi dan Budaya Baca di Eropa

Pagi harinya, dia menemukan minuman pop-nya itu dalam keadaan beku sehingga namanya menjadi Popsicles atau es loli atau es lilin.

  1. Trampolin

Bermain lompat di atas benda lentur ini memang menyenangkan tak hanya bagi anak-anak, orang dewasa juga terlihat menyukai trampolin. Pada 1930, pesenam George Nissen terinspirasi dengan jaring yang digunakan dalam aksi sirkus ketika usianya menginjak 16 tahun.

Kemudian dia mengumpulkan kerangka baja dan lembaran kanvas untuk menciptakan ‘bouncing rig’ pertama. Beberapa tahun kemudian, George mendengar kata dalam bahasa Spanyol untuk papan selam ‘el Trampolin’. Dari kata itulah sebutan untuk temuannya diambil. (*)

Apa Tanggapan Anda ?
SD Mutual Kota Magelang