Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri UMS di Jalan Slamet Riyadi Solo, Jawa Tengah. Kini sudah beroperasi melayani masyarakat umum dan sebagai sarana pendidikan. (foto: pabelan-online.com)

Teknologi

RS Gigi dan Mulut Soelastri UMS Beroperasi, Layani Umum dan Pendidikan

DPRD Kota Magelang

SOLO – Satu langkah lebih maju bagi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jawa Tengah. Kini, telah membuka pelayanan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri UMS. Launching operasional dilaksanakan di RSGM Soelastri UMS lantai 6 Jalan Slamet Riyadi Solo.

Wakil Rektor I Bidang Akadamik, Dr. Muhammad Dai, M.Si, Apt. menyampaikan RSGM UMS merupakan satu-satunya rumah sakit spesialis gigi dan mulut di Solo raya. Dijelaskan bahwa, tujuan pendirian rumah sakit tersebut untuk melayani masyarakat umum dan memfasilitasi proses pembelajaran bagi mahasiswa tingkat profesi kedokteran gigi UMS.

“Perlu diingat, kita memiliki dua tujuan utama dalam pendirian rumah sakit ini. Tujuan pertama untuk melayani masyarakat umum dan kedua sebagai fasilitas wahana pendidikan bagi mahasiswa profesi di Kedokteran Gigi UMS” paparnya.

Sarana dan prasarana pendidikan

Selain sebagai rumah sakit khusus gigi dan mulut satu-satunya di Solo raya, keunggulan lainnya adalah dari segi fasilitas sarana dan prasarana. Bangunan bertingkat 9 lantai ini memiliki standar bangunan rumah sakit tipe B, meskipun ijin yang diperoleh adalah rumah sakit tipe C.

“Bangunan rumah sakit ini berstandar tipe B, meskipun ijin yang kami ajukan dan kami peroleh baru tipe C. Maka dari itu kami meyakini dengan adanya RSGM ini dapat membantu masyarakat Solo dan sekitarnya” jelas Muhammad Dai.

Direktur Utama RSGM Soelastri UMS, drg. Noor Hafida Widyastuti, Sp.KG. menyebutkan fasilitas layanan yang dimiliki. Yaitu Instalasi Gawat Darurat (IGD) umum dan gigi, layanan konservasi gigi, kedokteran gigi anak, periodonsia, prostodonsia, bedah mulut dan penyakit mulut lainnya.

“Kemudian kita ditunjang oleh Sumber Daya Manusia yang cukup handal di bidang gigi dan mulut. Kami sudah memiliki dokter gigi sejumlah 7 orang, dan dokter gigi spesialis gigi anak, spesialis bedah mulut. Juga spesialis konservasi gigi, dan spesialis periodonsia,” ujar Noor Hafida dilansir ums.ac.id.

Selain itu, Rumah Sakit Gigi dan Mulut yang resmi mendapat ijin operasional pertanggal 7 Januari 2019 ini, membuka pelayanan nonstop 24 jam. Rumah sakit ini didukung alat kesehatan khusus gigi dengan teknologi canggih.

“Seperti CDCT Panosefalo 3D yang berguna sebagai alat scanner 3 dimensi untuk menangani pasien,” terang Noor Hafida.

Dengan hadirnya RSGM Soelastri UMS ini, masyarakat tidak perlu bingung mencari tempat berobat yang tepat untuk gangguan gigi dan mulut. Baik bagi masyarakat di Solo maupun dari daerah lain. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Dirgahayu RI Kota Magelang