Bakal Calon Rektor (Bacarek) Universitas Medan (Unimed), Sumatera Utara. (foto: unimed.ac.id)

Daerah

Senat Unimed Sahkan 5 Bacarek Periode 2019-2023

SMP Mutual Kota Magelang

MEDAN – Ada lima dosen yang mendaftar sebagai Bakal Calon Rektor (Bacarek) Universitas Negeri Medan (Unimed), Sumatera Utara hingga Kamis (10/1/2019). Nama mereka dibawa dalam rapat senat Unimed kemudian disahkan sebagai bakal calon rektor pada Jumat (11/1/2019). Setelah disahkan oleh senat universitas, nama-nama Bacarek tersebut dikirim ke Menristekdikti di Jakarta.

Ketua panitia pemilihan rektor, Dr. Restu dalam laporannya mengatakan, panitia bersyukur karena sudah ada yang mendaftar ke panitia Bakal Calon Rektor Unimed. Kelima Bacarek tersebut mendaftar secara bergantian, pada hari selasa (8/1/2019).

Ada dua orang yang mendaftar yaitu: Prof. Dr. Muktar, M.Pd, dan Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd. Kemudian hari Rabu (9/1/2019) ada dua orang yang mendaftar yaitu: Dr. Syamsul Gultom, S.KM, M.Kes, dan Dr. Martina Restuati, M.Si. Sedangkan pada hari Kamis (10/1/2019) ada satu orang yang mendaftar yaitu Dr. Marice, M.Hum.

Hingga masa pendaftaran ditutup Kamis (10/1/2019) pukul 16.00, tidak ada pendaftar lagi. Diketahui tidak ada pendaftar dari universitas lain, padahal kami panitia telah mengirimkan surat resmi kepada seluruh PTN di Indonesia.

“Kami sudah melayangkan surat resmi untuk menyampaikan informasi ini (pendaftaran bacarek-red) kepada para dosen di kampus mereka. Tetapi hingga penutupan tidak ada yang berminat untuk mendaftar. Sedangkan untuk internal Unimed, informasi ini telah kita sampaikan kepada seluruh dosen Unimed melalui berbagai media,” kata Restu.

Surat resmi yang ditujukan ke seluruh Ketua Jurusan di lingkungan Unimed untuk disampaikan kepada semua dosen. Informasinya juga ada di website http://unimed.ac.id, berbagai media sosial official Unimed (facebook, twitter, instagram), dan berbagai WA group internal. Juga lewat berbagai media cetak, televisi dan radio di Sumatera Utara.

Sedangkan Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd., berharap tahapan-tahapan proses pemilihan Rektor berjalan dengan lancar sesuai rencana. Hingga terpilih Rektor Unimed yang terbaik untuk membawa Unimed menjadi kampus terbaik, kebanggaan rakyat Sumatera Utara dan Indonesia.

“Dari calon-calon yang mendaftar ini kita yakin harapan itu terwujud, karena kelima pendaftar tersebut saat ini juga sedang menduduki jabatan struktural di internal Unimed. Ada yang sedang diamanahkan sebagai Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan,” harap Prof. Hamid.

Dikutip dari unimed.ac.id, kelima Bakal Calon Rektor Unimed tersebut adalah:

  1. Syamsul Gultom, S.KM, M.Kes., dosen Program Studi Ilmu Keolahragaan FIK Unimed, saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan II FIK Unimed untuk periode 2015-2019,
  2. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, dosen Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FT Unimed, saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor III Unimed untuk periode 2015-2019,
  3. Dr. Mukhtar, M.Pd, dosen Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Unimed, saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan II FMIPA Unimed untuk periode 2015-2019,
  4. Martina Restuati, M.Si, dosen Program Studi Biologi FMIPA Unimed, saat ini menjabat sebagai Dekan FMIPA Unimed periode 2017-2021, dan
  5. Marice, M.Hum, dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis FBS Unimed, saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan III FBS Unimed periode 2015-2019.

“Berkas-berkas kelengkapan persyaratan kelima bacarek tersebut sudah lengkap dan sudah dikirim ke Kemenristekdikti, Jakarta,” kata Prof. Hamid. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?