Menara Pinisi UNM. sumber: profesi-unm.com

Daerah

Tercatat 2.776 Mahasiswa UNM ‘Dipecat’


MAKASSAR –  Tidak mampu mencapai batas minimal standar akademik yang telah ditentukan Universitas Negeri Makasar (UNM) sepanjang tiga semester, mahasiswa kampus setempat diberhentikan atau drop out. Jumlahnya mencapai 2.776 mahasiswa.

Terbaru lewat Surat Keputusan (SK) Rektor tertanggal 26 Desember 2018, kampus memberhentikan 342 mahasiswa yang tersebar di sembilan fakultas.

Fakultas tersebut adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Tekhnik, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Olahraga, Fakultas Seni dan Desain, Fakultas Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Psikologi, serta Ekonomi.

“Dari sembilan Fakultas terdapat 343 Mahasiswa yang dikeluarkan berdasarkan SK yang telah dikeluarkan di akhir tahun bulan desember 2018,” kata Rektor UNM Makassar, Husain Syam, dilansir kabarmakasar.com.

Sedangkan, melalui dua surat keputusan pertama yang telah dikeluarkan Rektor Kampus UNM berdasarkan SK Rektor UNM Nomor/269/UN36/KM/2018/pada bulan Januari 2018 telah memberhentikan ribuan mahasiswa.

“Kampus UNM memecat 2.434 Mahasiswa (Januari 2018),” tambahnya.

Ditandaskan, keputusan memberhentikan mahasiswa dari bangku kuliah untuk menegakkan aturan di kampus.

“Hal ini dilakukan karena penegakan aturan dan kedisiplinan mahasiswa,”tutupnya.

Di sisi lain, UNM menjadi salah satu universitas terkemuka di Indonesia. Dari sisi SDM, UNM menduduki peringkat kedua dari lebih dari 4.000-an perguruan tinggi negeri dan swasta.

UNM secara institusi telah terakreditasi A, 36 prodi di UNM juga telah terakreditasi A, dan menjadi satu-satunya universitas di Indonesia timur yang meraih penghargaan SNI Award 2018

Dikutip dari unm.ac.id, Husain Syam menuturkan beberapa keberhasilan UNM di kancah dunia perguruan tinggi di Indonesia tak lepas dari peran para tokoh-tokoh alumni IKIP/UNM.

“Saya berharap alumni bisa saling bersinergi terus menerus membangun kampus tercinta kita ini, agar cita-cita world class university bisa kita raih,” ujarnya.

Baca Juga :  Lestarikan Bahasa Sunda, SMAN 9 Bandung Gelar Festival Budaya

Mantan Dekan Fakultas Teknik dua periode ini juga berpesan agar alumni IKIP/UNM terus mempererat persatuan, mengakhiri perbedaan, dan konflik.

“Alumni kita hebat-hebat, jadi mesti disatukan dalam ikatan supaya perannya lebih terlihat dalam memajukan UNM,” tekan Husain.

Berikut Pedoman Perilaku Mahasiswa UNM klik di sini. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Ucapan DPRD