Suasana SMAN 8 Bulukumba di Jalan K.H. Mukhtar Lutfi No. 32 Bulukumba, Kecamatan Ujungbulu, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. (foto: tribunnews.com)

Daerah

Miliki Sederet Prestasi, SMAN 8 Bulukumba Raih Predikat Adiwiyata

SMP Mutual Kota Magelang

BULUKUMBA – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Bulukumba menerima penghargaan dari Gubernur Sulawesi Selatan sebagai sekolah Adiwiyata di Ruang Pola Gubernur Sulsel. Kegiatan tersebut dilaksanakan Kementerian Lingkungan Hidup bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditindaklanjuti Gubernur Sulsel melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulsel.

Kepala SMAN 8 Bulukumba, Jasman mengaku bangga sekolahnya bisa dipercaya sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. “Tentunya menjadi motivasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN 8 Bulukumba dan Sulawesi Selatan pada umumnya,” kata Jasman.

Ia berharap kedepan menjadi sekolah ramah anak dan ramah lingkungan, sehingga sekolah mampu untuk peduli terhadap lingkungan mereka berada. Peduli terhadap kebersihan, kesehatan dan keindahan.

“Selain sebagai area pendidikan juga sebagai tempat refreshing dan tidak jenuh di kelas, siswa dapat belajar di luar kelas,” tuturnya.

Deretan prestasi

SMAN 8 Bulukumba memiliki 931 siswa dengan 64 guru, serta membina tiga jurusan, yaitu MIA, IPS dan Bahasa. Sekolah di Jalan K.H. Mukhtar Lutfi No. 32 Bulukumba, Kecamatan Ujungbulu, Kabupaten Bulukumba ini pun memiliki tradisi yang berbeda.

Jasman, Kepala SMAN 8 Bulukumba, Sulawesi Selatan. (foto : sulengka.net)

Dilansir tribunnews.com, lebih lanjut Jasman mengungkapkan, sebelum memulai pelajaran, guru bertugas menjemput 12 siswa yang sedang piket untuk membaca Alquran. “Setiap bunyi azan di masjid sekolah, seluruh kegiatan belajar mengajar harus berhenti. Mereka juga wajib menunaikan salat berjamaah, baik itu Salat Zuhur ataupun Asar,” jelasnya.

Sebagai sekolah Adiwiyata, SMAN 8 Bulukumba memiliki sejumlah prestasi, seperti:

  • Prestasi Sekolah
  1. Juara 2 Sekolah sehat tingkat SMA-MA-SMK
  2. Sekolah model sejak 2016, dan
  3. Sekolah Adiwiyata Provinsi Sulawesi Selatan, Desember 2018 dan berlanjut ke Tingkat Nasional 2019.
  • Prestasi Siswa 
    1. Juara I Debat Bahasa Indonesia se-Sulawesi Selatan,
    2. Peneliti Terbaik Tingkat Nasional pada Lomba KIR yang diadakan LIPI September 2018,
    3. Delegasi Sulawesi Selatan pada kegiatan Parlemen Remaja di Gedung DPR-RI,
    4. Juara Umum II Sulawesi Selatan pada Lomba Pasukan Pengibar Bendera (Paskib),
    5. Juara II Nasional pada Lomba KIR di Bandung,
    6. Juara Umum Lomba Pramuka se-Sulawesi Selatan,
    7. Juara I Debat Wajib Pajak,
    8. Juara II Menyanyi Solo Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, dan
    9. Juara II Lomba Matematika Tingkat Wilayah Bulukumba.

Itulah deretan prestasi SMAN 8 Bulukumba Sulawesi Selatan yang mendongkrak dalam meraih predikat Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?