Ketua Komisi X Djoko Udjianto. foto: onepoin.ac.id

Daerah

Di Daerah Ini, Siswa Diajarkan Materi Pakaian Adat hingga Makanan Tradisional

DPRD Kota Magelang

KULONPROGO - Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki Perda Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), yang mengatur program pendidikan karakter di seluruh sekolah dasar dan menengah. Di kabupaten tersebut, siswa TK sampai SMP harus mendapat materi budaya kemataraman.

Materi yang akan diajarkan, mulai dari membaca dan menulis aksara Jawa bagi sekolah dasar, serta bahasa dan sastra Jawa ditingkat SMP. "Jarang sekali sekolah-sekolah mendidik karakter yang kental sekali. Ini bisa dicontoh sekolah lain,” kata Ketua Komisi X DPR RI Djoko Udjianto dilansir dari dpr.go.id.

Para siswa juga mendapat materi ajar tentang pakaian adat, permainan tradisional, bangunan rumah adat, bumbu dan makanan tradisional hingga tata etika menurut budaya Jawa. Kemudian, mereka juga dikenalkan dengan materi kebangsaan.

“Saat masuk sekolah mereka berbaris terlebih dahulu dalam kelas dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, menghormati guru dan bendera, setelah itu baru mulai pelajaran. Kalau waktunya pulang, terlebih dulu menyanyikan lagu daerah dan berdoa,” tandasnya.

Ada lagi yang lebih menarik, lulusan Sekolah Dasar yang beragama Islam harus khatam Alquran. “Ini baru satu-satunya kabupaten yang melakukan ini. Bahkan ada yang baru kelas 5 sudah bisa khatam Alquran. Ini luar biasa untuk materi pendidikan sejak masih SD,” tuturnya.

Wakil Bupati Kulon Progo Sutedjo menyatakan, peraturan daerah penguatan SDM pendidikan karakter di seluruh sekolah-sekolah dasar dan menengah, hasil dari implementasi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas). “Dengan modul yang kami buat, pemda berkomitmen menambah guru dan para ustad untuk mengajar, terutama yang beragama Islam,” terangnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Dirgahayu RI Kota Magelang