Daerah

Inovasi Mahasiswa Unnes Dirikan Penerangan Tenaga Surya

SEMARANG – Dalam rangka memaksimalkan potensi unggulan desa, di Dusun Cemanggal, Desa Munding, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) mendirikan Penerangan Tenaga Surya. Para mahasiswa tersebut kini sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Munding. Koordinator Mahasiswa KKN, Ardi Nur Rokhman mengungkapkan di Dusun Cemanggal, Desa Munding tersebut mempunyai potensi unggulan yang bagus yaitu ‘Wisata Pertanian atau Curug Tirtowening’.

“Namun, penerangan jalan utama yang sudah ada menuju wisata Curug Tirtowening belum memadai, untuk memaksimalkan potensi unggulan desa tersebut mahasiswa KKN dengan warga setempat mendirikan penerangan tenaga surya,” ungkapnya.

Kepala Desa Munding Romdoniyatun menyampaikan rasa bangganya mahasiswa KKN UNNES bekerjasama dengan warga mendirikan penerangan tenaga surya untuk penerangan jalan utama di Desa Munding. Selama ini, sudah ada penerangan jalannya namun belum maksimal.

Romdoniyatun berharap, dengan didirikannya penerangan tenaga surya ini diharapkan bisa memberikan kenyamanan warga maupun wisatawan yang melintas untuk berkunjung ke wisata Curug Tirtowening. “Terutama pada malam hari yang menghubungkan Desa Munding dengan Dusun Cemanggal,” ujar Romdoniyatun.

Sementara itu, Dosen Pendamping Lapangan KKN, Burhan Rubai Wijaya, menyampaikan penerangan tenaga surya ini bertujuan untuk memperbaiki infrastruktur menuju cita-cita Desa Munding sebagai desa wisata. Dilansir dari unnes.ac.id, bersama warga dusun, mahasiswa KKN mendirikan panel surya dan komponen penerangan jalan ini dilakukan selama dua minggu.

Panel surya ini mampu menyuplai delapan lampu penerangan jalan, terdiri atas enam penerangan di jalan utama dan dua penerangan di jalan masuk ke arah Curug Tirtowening. (Siedoo/NSK)

Apa Tanggapan Anda ?