Daerah

Penghargaan Pendidikan untuk Green School Bali

BALI - Penghargaan Platinum Award sebagai Sekolah Terbaik ditujukan kepada Green School Bali di Aston Priority Simatupang & Conference Center, Jakarta. Green School menerima penghargaan tersebut karena pendekatan inovatifnya dalam bidang pendidikan serta membawa dampak positif bagi masyarakat.

Penghargaan Platinum Award tersebut ditandatangani oleh Menteri Pendidikan Indonesia dan diserahkan oleh Talkah Badrus, Deputi Keuangan dari Kementerian Koperasi dan UMKM, kepada Kania Maniasa, Chief of Philanthropy dan Manajer Pengembangan Green School Bali.

“Green School sangat bangga menerima Platinum Award ini karena sejalan dengan misi Green School untuk membawa perubahan di Indonesia, khususnya di Bali," ujar Tirka Widanti, Presiden Yayasan Kul Kul, yayasan nirlaba yang menaungi Green School.

Menurut dia, Green School termasuk kategori SPK (Satuan Pendidikan Kerjasama). Tetapi sepuluh persen dari jumlah muridnya merupakan siswa-siswi Bali yang mendapat beasiswa melalui Local Scholarship Programme.

"Program beasiswa Green School merupakan jumlah beasiswa terbesar dibandingkan seluruh SPK lainnya di Indonesia,” jelas Tirka.

Selain itu, Green School juga memiliki Program Kul Kul Connection yang terus berkembang dan saat ini mendidik lebih dari 360 siswa-siswi lokal yang belajar Bahasa Inggris secara gratis di Green School. Pihaknya memberikan pendidikan tentang keberlanjutan dan pengelolaan sampah di sekolah-sekolah lokal lainnya melalui Program ‘KemBali ke Sekolah’. Green School memberikan pelatihan pendidikan untuk keberlanjutan bagi guru-guru Indonesia melalui program Green Educator Course.

"Pemuda-pemudi Indonesia juga dapat belajar dan berkontribusi melalui program magang di Green School. Program-program ini adalah upaya-upaya yang dilakukan Green School untuk membawa perubahan positif bagi pendidikan dan masyarakat di Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Penghargaan Indonesia, yang menominasikan dan memilih pemenang Platinum Award, memberikan penghargaan kepada berbagai jenis prestasi kreatif dan inovatif. Penghargaan Platinum Award juga dianugerahkan untuk menghargai dan melegitimasi orang-orang dan organisasi yang berprestasi sehingga membawa dampak multiplier effect di masyarakat. Platinum Award diberikan setiap tahun untuk berbagai macam kategori, seperti organisasi nirlaba, perusahaan, rumah sakit, sekolah, dan UMKM.

“Sebagai sekolah yang berlokasi di hutan Bali dan menyatu dengan alam, penghargaan ini merupakan suatu bentuk apresiasi yang penting bagi Green School, khususnya dari masyarakat dan pemerintah Indonesia," imbuh Kania Maniasa, Chief of Philanthropy dan Manajer Pengembangan Green School Bali dalam pidatonya ketika menerima penghargaan tersebut.

Ia mengatakan, Green School merupakan sekolah yang berfokus pada pendidikan untuk keberlanjutan dan pembelajaran holistik melalui kurikulum yang berpusat pada anak. Program belajar di Green School berbasis pada proyek.

"Sehingga, siswa-siswi mampu mengaplikasikan ilmu dan keahliannya dalam proyek dan mengembangkannya menjadi solusi inovatif dan berkelanjutan bagi sekolah dan masyarakat,” jelas dia. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?