Tokoh

Isni Indriyana Juara Terfavorit Lomba Esai Agraria Nasional

YOGYAKARTA - Mahasiswi Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAINU Temanggung, Jawa Tengah Isni Indriyana berhasil lolos 15 besar dalam Lomba Esai Agraria Nasional ke-4 yang digelar Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta dalam rangka Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional tahun 2018, Senin (12/11/2018).

Dari 15 peserta, Isni Indriyana menjadi Finalis Terfavorit pilihan dewan juri, kemudian Deiny Setiyawan dari Universitas Sebelas Maret menjadi Finalis Best Perform. Untuk Juara I diraih Muchammad Chanif Chamdani dari UGM, Juara II Sandi Halim dari UGM, dan Juara III Wasyilatul Jannah dari STPN Yogyakarta.

Di ajang tersebut, Isni mengangkat tulisan bertajuk Mencari Keadilan Sosial  bagi Korban Penggusuran Tanah yang bersanding dengan peserta lain dari STPN Yogyakarta, UGM, UII Yogyakarta, Universitas Indonesia, Universitas Hasanudin, dan lainnya.

Dalam esainya, dia menulis banyaknya kasus penggusuran tanah yang berlarut-larut tak kunjung selesai. Kasus penggusuran tanah yang terjadi sangat berdampak dalam kehidupan manusia pada umumnya dan dalam kehidupan sosial, politik, agama dan mental warga korban penggusuran tanah.

“Banyaknya kasus penggusuran tanah yang terjadi di Indonesia, dan kasus ini harus segera diselesaikan agar tidak menjadi masalah yang berkepanjangan dan menjadi hal yang berlarut-larut,” ungkap Isni.

Sementara itu, dilansir stainutmg.ac.id, Kepala Program Studi PGMI STAINU Temanggung, Hamidulloh Ibda mengapresiasi pencapain tersebut. Ia mendorong semua mahasiswa PGMI untuk rajin menulis dan menghidupkan budaya literasi yang tidak sekadar membaca, namun juga menulis dan mengarsipkan.

“Menulis memang tidak terbatas tema dan disiplin ilmu. Sejak mahasiswa S1 saya juga sering nulis tentang politik padahal S1 saya ya PGMI,” beber dia.

Hamidulloh mengatakan dalam waktu dekat sudah ada beberapa lomba yang digelar berbagai institusi. Pihaknya sudah membimbing beberapa mahasiswa juga selain Prodi PGMI.

“Semoga menjadi geliat para mahasiswa untuk terus berkompetisi,” harapnya. (Siedoo/NSK)

Apa Tanggapan Anda ?