Tokoh

Teguh Hanya Lulusan SMP, Namun Mampu Sarjanakan 4 Putrinya

Siedoo, Hanya lulusan SMP tetapi bisa menguliahkan empat orang anak, hebat. Itu terjadi pada keluarga Teguh Tuparman (56) dan Sri Retnanik (54) warga Turi, Sleman, Yogyakarta. Anak-anaknya adalah putri semua. Tiga diantaranya telah menyelesaikan pendidikan tinggi di UGM dan UNY. Bahkan, putri sulungnya berhasil menyandang gelar doktor dari UGM belum lama ini, melalui program beasiswa dari pemerintah.

Teguh merupakan satuan keamanan (satpam) di Universitas Gajah Mada (UGM). Meskipun di tengah keterbatasan, Teguh tak pantang menyerah untuk mengupayakan yang terbaik bagi anak-anaknya. Usaha dan kerja keras sudah dilakukan selama puluhan tahun.

“Bangga rasanya, meskipun saya ini orang biasa yang hanya lulusan SMP dan istri tidak pernah sekolah, bisa menyekolahkan anak sampai perguruan tinggi,” ungkapnya sebagaimana ditulis ugm.ac.id.

Teguh ingat betul bagaimana perjuangannya membesarkan empat anak bukanlah hal yang mudah. Terlebih dengan kondisi perekonomian yang terbilang pas-pasan.

Sebagai satu-satunya tulang punggung keluarga, dia menolak menyerah pada keterbatasan agar keempat anaknya bisa mendapatkan pendidikan yang layak dan setinggi-tingginya. “Saya ingin anak-anak bisa sekolah tinggi,” katanya.

Penghasilan sebagai satpam kampus hanya pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga. Ditambah lagi untuk membiayai kuliah dan sekolah anak-anaknya. Untuk itu, dia mengambil kerja sambilan untuk memperoleh pendapatan tambahan.

Saat sedang tidak bertugas menjaga keamanan kampus, dia menjadi sopir bus kota di Yogyakarta. Tak hanya itu, dia pun mengambil tugas sebagai penjaga gedung pada sebuah fasilitas kesehatan kampus.

Teguh tidak pernah mengeluh akan kehidupannya. Apa yang dilalui membuatnya sadar bahwa semua hal bisa dicapai jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Dia justru merasa bangga meskipun dalam kondisi terbatas mampu menghantarkan putri-putrinya mengenyam bangku perguruan tinggi. Kini putri sulungnya telah menjadi dosen di Universitas Andalas, yang kedua membuka bisnis, dan yang ketiga bekerja di penerbitan.

Kegigihan Teguh dalam membesarkan anak-anaknya ini pun menghantarkannya meraih penghargaan Keluarga Hebat dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. "Usahakan pendidikan anak karena pendidikan bisa mengubah jalan hidup menjadi lebih baik,” katanya mengenai motivasinya.

“Saya selalu pesan pada anak-anak untuk hidup sederhana dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukan,” tambahnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?