Nasional

Keberhasilan dan Kemenangan Berasal dari Keberanian

MAGELANG - Keberhasilan dan kemenangan itu berasal dari keberanian. Merubah sesuatu yang baru, jangan mendemontrasikan kebodohan, harus ada korelasinya.

"Berbuat baik kepada adikmu, bijaksana dan santun. Bangun karakter, kepribadian yang baik dan berwibawa,” kata Gubernur Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah Brigadir Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E, M.M.

Ia menyampaikan itu saat memberikan pengarahan sejumlah 269 taruna Tk III/Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar) Batalyon Taruna Madya yang terdiri dari 249 taruna dan 20 taruni di Gedung Sumartal Akademi Militer. Pada kesempatan itu turut hadir Wakil Gubernur Akademi Militer Brigadir Jenderal TNI Wirana Prasetya Budi, S.E., para pejabat distribusi Akademi Militer serta Para Pengasuh Resimen Taruna Akmil.

Brigadir Jenderal TNI  Dudung Abdurachman, S.E, M.M. memberikan beberapa penekanan kepada taruna. Antara lain berbuat yang terbaik dan penghormatan terhadap senior. Pada saatnya nanti taruna Tk II dan III akan diberikan IB dan pesiar.

"Kesempatan ini bisa digunakan untuk berintegrasi sesama taruna /taruni, jalin hubungan baik antara senior dan yunior. Manfaatkan waktu pesiar dan IB untuk berinteraksi dan beradaptasi dengan masyarakat sekitar dan lingkungan," jelasnya.

Ditegaskan bahwa, taruna harus hafal, mengerti dan menghayati 11 azas kepemimpinan, 13 prinsip kepemimpnan dan 16 sifat-sifat kepemimpinan. Jadilah petarung petarung yang hebat yang berjiwa integritas, cerdas, tegas, berani ambil keputusan dan tanggung jawab.

“Perwira harus mengerti, menguasai tugas pokok, tujuan sasaran yang harus dicapai. Mengerti keterbatasan yang kita miliki, termasuk dalam diri kita sendiri. Mengerti unsur-unsur sebagai manusia sebagai Bapak, Komandan, Guru dan Rekan,” imbuhnya.

Pengarahan Gubernur Akmil kepada para taruna taruni dilanjutkan dengan acara bersalaman dengan para pejabat Distribusi Akmil. Selain itu juga para pengasuh Mentar Akmil dan kepada para taruna taruni Akmil. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?