Internasional Nasional

Dua Kesepakatan Menarik Hasil Pertemuan Raja Salman dan Jokowi


Siedoo.com, – Ada kesepakatan unik dari hasil pertemuan Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud dan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kesepakatan yang terjalin ada 11 nota dalam berbagai bidang. Dua kesepakatan diantaranya dalam bidang pendidikan, yaitu:

  1. Nota kesepahaman kerjasama budaya antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia dan Kementerian Kebudayaan dan Informasi Kerajaan Arab Saudi. Nota kesepemahaman ditanda tangani oleh Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy dan Menteri Kebudayaan dan Informasi Arab Saudi Dr. Adel bin Zaid Al-Tofaifi.
  2. Program kerjasama kementerian Ristek Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) Republik Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi dalam bidang kerjasama Scientific dan Pendidikan Tinggi.

Tiga Hal Pokok Kesepakatan

Nota kesepahaman kerjasama budaya Kemendikbud Republik Indonesia dan Arab saudi terdiri dari 3 hal pokok yaitu :

  1. Bidang promosi kebudayaan dan festival, kesenian, sejarah dan warisan budaya, perpustakaan, serta kebudayaan bagi anak-anak.
  2. Bidang kesenian, kerja sama akan diimplementasikan melalui pertukaran grup musik dan musik daerah dan kelompok-kelompok teater.
  3. Bidang sejarah dan warisan budaya, kerja sama meliputi pertukaran informasi mengenai sejarah, ilmu purbakala, antropologi, museologi, dan warisan budaya.

Sedangkan untuk kerjasama Kementrian Ristekdikti Republik Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi dalam bidang scientific dan pendidikan tinggi. Sebagian besar dari 11 kesepakatan tersebut dapat dikaitkan dengan pendidikan. Tetapi, kesepakatan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Ristek Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia hanya dua itu. Penandatanganan nota kesepemahaman tersebut disaksikan oleh Raja Salman dan Presiden Jokowi di Istana Bogor pada Rabu, 1 Maret 2017.

Dengan adanya kerjasama ini, kita semua mengharapkan agar bermanfaat untuk kedua negara. Selain itu, dapat mempererat hubungan kedua negara yang mayoritas berpenduduk muslim tersebut. Kerjasama antara Negara Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi telah berlangsung 47 tahun silam. Pada waktu itu, Raja Faisal datang ke Indonesia pada 10-13 Juni 1970. Sementara Raja Salman akan berkunjung ke Indonesia selama 9 hari, mulai 1 s/d 9 maret 2017.

Ahlan Wa Sahlan Baginda Raja Salman,  Kami menerima Anda sebagai bagian dari keluarga kami, dan kami menerima Anda dengan mudah (tanpa mempersulit urusan-urusan Anda).

Sumber : m.tempo.co dan kebudayaan.kemdikbud.go.id

Apa Tanggapan Anda ?