Rektor Universitas Tidar Prof Dr Cahyo Yusuf MPd.

Daerah

Untidar Kembangkan Sayap Hingga Wonosobo

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

WONOSOBO – Meski sudah berstatus perguruan tinggi negeri, Universitas Tidar (UNTIDAR) Magelang tetap melanjutkan pengembangan pendidikan. Rencananya, UNTIDAR akan melebarkan sayap ke luar daerah Magelang, yaitu Wonosobo. Kampus berencana membangunan Kampus UNTIDAR di wilayah Sidorejo, Selomerto, Kabupaten Wonosobo pada 2018 nanti.

“Kalau tidak ada halangan, kami akan memulai pembangunan bertahap untuk Prodi Peternakan di Wonosobo,” kata Rektor UNTIDAR Magelang Prof Dr Cahyo Yusuf MPd.

Rektor mengatakan, lahan yang dipersiapkan untuk pembangunan sekitar 6,4 hektar. Adapun pelaksanaan pembangunannya akan dimulai pada 2018 mendatang. Rencana pembangunan tersebut telah diawali dengan pengurusan Analisis Dampak Lingkungan (amdal) serta blockplan pembangunan telah dirancang. Rektor bersama rombongan pun juga sudah meninjau rencana lokasi pembangunan.

“Tahun ajaran baru ini kami akan membuka dua kelas untuk Prodi Peternakan, sekitar 70 mahasiswa. Untuk lokasi kuliah, apakah di Wonosobo atau Magelang masih dipertimbangkan lagi,” tambah rektor.

Setelah mengecek rencana lokasi pembangunan, ia juga berharap agar Pemerintah Kabupaten Wonosobo bisa memfasilitasi akses jalan masuk ke lokasi. Bantuan akses jalan ini bisa digunakan untuk kendaraan pengangkut material bangunan, agar proses pembangunan bisa dilaksanakan dengan lancar.

Sementara bagi mahasiswa yang ingin bergabung dengan Untidar, ada program bidikmisi. Bidikmisi merupakan program unggulan pemerintah sejak 2010 yang bertujuan meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang kurang mampu secara ekonomi. Akan tetapi, calon mahasiswa mempunyai potensi akademi yang baik.

Pada tahun ini, sesuai dengan surat nomor 162/B/BW/2017 dari Direktorat Jenderal Pembelajaran & Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi perihal kuota Bidikmisi dan PPA tahun 2017, kuota Bidikmisi di UNTIDAR ditetapkan sebanyak 300 mahasiswa. Sedangkan beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) sebanyak 168 peserta. Kuota ini meningkat dari tahun 2016 sebanyak 296 mahasiswa penerima bidikmisi dan 33 mahasiswa penerima beasiswa PPA.

“Jangan hanya terpaut pada bidikmisi dan PPA masih banyak beasiswa dari sumber lainnya misal Provinsi atau Astra di UNTIDAR,” tambah Wakil Rektor Bidang Umum & Keuangan UNTIDAR Drs Hery Suroso ST MT.

Apa Tanggapan Anda ?