Camat Kertek Bandriyo menyoroti soal bidang pendidikan saat berkunjung ke SMPN 4 Kertek, Kabupaten Wonosobo.

Daerah

Fokus Tingkatkan Pendidikan untuk Kurangi Indeks Kemiskinan

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

WONOSOBO – Pemerintah mendorong agar syarat masuk siswa baru ke sekolah menengah pertama (SMP) diperingan. Hal ini agar lulusan SD atau sederajat lebih mudah melanjutkan ke SMP, bahkan hingga ke SMA. Dorongan ini dinilai penting karena beberapa hal yang mempengaruhi capaian dari program pemberantasan kemiskinan, erat kaitannya dengan tingkat pendidikan masyarakat.

Beberapa desa, seperti di Pagerejo, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo dinilai angka partisipasi pendidikannya masih tergolong rendah. Camat Kertek Bandriyo pun mendorong lulusan SD atau sederajat untuk melanjutkan ke jenjang SMP, bahkan hingga ke SMA.

“Indeks kemiskinan yang disumbangkan Kertek menjadi angka terbesar, memang diindikasikan dari capaian pendidikan,” katanya saat mendatangi agenda peresmian ruang kelas baru di SMPN 4 Kertek.

Capaian pendidikan ini terutama angka melanjutkan dari SD ke SMP. Sehingga, ia pun mendorong agar berkoordinasi bersama sekolah setempat, untuk semakin meringankan syarat masuk siswa ke SMP.

“Bahkan bisa gratis 100% untuk melanjutkan ke tingkat SMP,” katanya.

Pemerintah kecamatan selama ini berupaya melalui kunjungan atau pantauan langsung ke beberapa wilayah, bersama juga dengan Dinas Pendidikan. Kecamatan pun juga sering mengadakan pantauan dengan menertibkan pelajar yang kluyuran saat diluar jam belajar. Sehingga, siswa bisa lebih tertib saat melangsungkan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

“Selain upaya itu, bagi mereka yang sudah berhasil, diharapkan bisa pulang dan memajukan daerahnya. Sehingga, bisa menginspirasi generasi muda lainnya untuk semangat belajar,” katanya.

Meski kondisi seperti itu, namun bidang ekonomi di Desa Pagerejo, Kecamatan Kertek dinilai cukup menjanjikan. Terlebih lagi dilihat dari ketaatan warganya membayar PBB yang tidak pernah mundur dari tenggat waktu yang ditentukan.

“Kami harapkan ditahun ini angka partisipasi pendidikan meningkat. Dengan beberapa dukungan yang diberikan dari pemkab, seperti dinas, hingga tingkat kecamatan,” imbuh Kepala Desa Pagerejo Udi Wahayu.

Kontributor : Erwin Abdilah

Apa Tanggapan Anda ?