Para siswa antusias mengikuti kegiatan Workshop ‘One Book One Student’ di SMA Negeri 10 Purworejo, Jawa Tengah, tanggal 9-10 Oktober 2018 lalu. (foto: sman10purworejo.sch.id)

Daerah

SMAN 10 Purworejo Gelar ‘One Book One Student’


PURWOREJO – Kegiatan mengisi Bulan Bahasa dilakukan SMA Negeri 10 Purworejo, Jawa Tengah dengan menggelar workshop ‘One Book One Student’. Kegiatan dari tanggal 9-10 Oktober 2018 itu, berlangsung di sekolah tersebut di Desa Kalikotes, Pituruh, Purworejo, Jawa Tengah.

Kegiatan diselenggarakan oleh OSIS dan didukung kepala sekolah, dengan mengadirkan narasumber Cucu Suryanto dengan materi ‘Motivasi Penulisan Buku Popule’, dan Setyo Budi menyampaikan materi ‘Penulisan Buku Populer’.

Pada hari kedua disampaikan materi ‘Penulisan Naskah Buku dan Presentasi Hasil Penulisan’.

Kepala SMA Negeri 10 Purworejo, Niken Wahyuni mengatakan kegiatan berjalan lancar dan menghasilkan karya yang mengejutkan.

Alhamdulillah dalam kegiatan ini dihasilkan 16 judul buku. Terdiri atas 13 buku dari siswa, dan 3 judul ditulis guru dan kepala sekolah,” ungkapnya seperti di sman10purworejo.sch.id.

Menurut Niken, program tersebut menindaklanjuti amanah Kurikulum 2013 yaitu program literasi. Tujuannya untuk menggairahkan siswa menulis buku. Targetnya satu buku satu siswa dan satu guru satu buku.

Workshop ‘One Book One Student’ mewadahi hobi dan kreativitas siswa dan guru dalam menulis. Selama workshop, para siswa antusias mengikuti dan sanggup menghasilkan karya berupa buku dalam dua hari tersebut. Mereka siap menjadi penulis yang menginspirasi.

Sehingga hal ini memberikan motivasi kepada para guru untuk bersama-sama menuangkan ide brilian dalam melahirkan sebuah buku. (Siedoo/NSK)

Apa Tanggapan Anda ?