Dandim Magelang, Jawa Tengah Letkol Arm Kukuh Dwi Antono S.I.P secara simbolis mengukuhkan peserta Latihan Saka Wira Kartika. Bukit Sleker jadi saksi pengukuhan Saka Wira Kartika Kodim 0705/Magelang.

Daerah

Pengalaman yang Terkesan dari Pelatihan Saka Wira Kartika


MAGELANG – Komandan Kodim (Dandim) Magelang, Jawa Tengah Letkol Arm Kukuh Dwi Antono S.I.P. mengukuhkan Saka Wira Kartika Kodim 0705/Magelang. Sebanyak 35 siswa dan siswi peserta latihan Saka Wira Kartika berasal dari berbagai sekolah menengah yang tersebar di Kabupaten dan Kota Magelang.

Mereka mengikuti latihan kepramukaan Saka Wira Kartika Kodim 0705/Magelang mulai Jumat hingga Sabtu, (12-13/10/2018). Latihan di sekitar wisata Bukit Sleker tersebut, peserta latihan dibekali dengan materi 5 krida. Antara lain, Krida Survival, Krida Pioneer, Krida Mountainering, Krida Navigasi Darat, dan Krida Penanggulangan bencana alam yang merupakan program pelatihan dari Saka Wira Kartika.

Setelah sehari semalam digembleng dengan berbagai materi dan ujian, tibalah saat yang ditunggu-tunggu. Yaitu, pengukuhan Saka Wira Kartika yang dipimmpin langsung oleh Dandim Magelang Letkol Arm Kukuh Dwi Antono S.I.P. selaku pembina.

“Sangat senang dan terkesan mengikuti kegiatan ini. Itu karena merupakan pengalaman pertama yang tidak akan terlupakan,” kata Adi Triono (16) salah satu peserta latihan dari SMKN 1 Kota Magelang, usai mengikuti upacara pengukuhan Saka Wira Kartika.

Ia merasa mendapatkan manfaat yang positif setelah mengikuti kegiatan tersebut.

“Dengan adanya latihan ini saya jadi lebih percaya diri, dan punya banyak teman dari sekolah lain. Harapan saya tentunya Saka Wira Kartika kedepan bisa lebih berkembang dan maju. Sehingga, punya nama yang besar kususnya di Magelang,” jelas Adi.

Sementara itu, Dandim Magelang mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh peserta pelatihan Saka Wira Kartika Kodim 0705/Magelang. Ia berharap dengan adanya latihan tersebut mampu menjadikan pribadi yang lebih matang, disiplin dan berwawasan kebangsaan.

Tujuan diadakannya latihan tersebut agar para pramuka Saka Wira Kartika dapat menambah wawasan, mengenal kehidupan yang masih sangat panjang. Selain itu dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan, meningkatkan keterampilan kepramukaan serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya hak dan kewajiban bela negara, maupun terhadap terhadap lingkungan sosial disekitarnya

Sedangkan tujuan utamanya adalah membina generasi muda Bangsa Indonesia yang memiliki akhlak mulia, disiplin, terampil dan memiliki semangat bela negara.

“Saya masih ingat dahulu juga sangat senang mengikuti kegiatan kepramukaan. Karena dengan kegiatan pramuka dapat membentuk pribadi yang percaya diri, disiplin dan mandiri. Sehingga, bisa menjadi bekal di kemudian hari,” jelas Dandim. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?